Close

Lindungi Tenaga Kerja Mandiri, BPJamsostek Kerja Sama dengan Pemkab Sijunjung

JALIN KERJA SAMA—BPJamsostek cabang Solok menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Sijunjung untuk memberikan perlindungan jaminan sosial bagi tenaga kerja mandiri atau sektor informal.

SIJUNJUNG, METRO–BPJAMSOSTEK cabang Solok menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sijunjung untuk memberikan perlindungan jaminan sosial bagi tenaga kerja mandiri atau sektor informal.

Kerja sama ini ditandatangani oleh Pelaksana tugas Kepala Dinas Kete­nagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Sijunjung Sugeng Pamular dan Kepala Kantor BPJAMSOSTEK Cabang Solok Ferama Putri disaksikan Sekretaris Daerah Sijunjung Zefnihan, di Muaro Sijunjung.

Sekdakab Sijunjung Zefnihan berharap de­ngan adanya jaminan sosial ini masyarakat bisa lebih nyaman dalam beraktifitas sehari-hari.  ”Ka­mi berharap kerja sama ini berkelanjutan karena a­kan berdampak terhadap perlindungan sosial bagi masyarakat Sijunjung,” ujarnya.

Kepala Kantor BPJAMSOSTEK Cabang Solok Ferama Putri mengatakan jaminan sosial ketenaga­kerjaan bagi tenaga kerja mandiri atau informal yang dikenal dengan istilah Bukan Penerima Upah (BPU) dan di Sijunjung ka­tanya, ini meliputi tenaga kerja sektor pertanian dan keagamaan.

Petani sebagai pelaku utama di sektor pertanian katanya, mengabdikan dirinya untuk ke­ter­sediaan pangan sebagai kebutuhan primer (utama) bagi jasmani ma­nusia sudah selayak­nya­lah memperoleh perlindungan sosial dalam menjalankan akti­vitasnya sehari-hari karena rentan terhadap risiko.

Demikian juga dengan mubaligh, imam, khatib, gharin serta guru ngaji yang mengabdikan dirinya pada sektor keagamaan sebagai kebutuhan rohani manusia sudah selayaknya juga mendapatkan perlindungan sosial.

”Kabupaten Sijunjung telah berinovasi selangkah lebih dahulu dalam melindungi tenaga kerja,” ujarnya.  BPJAMSOSTEK sampaikan apresiasi kepada Kabupaten Sijunjung yang telah memberikan anggaran untuk pekerja BPU sehingga memperoleh perlindungan dari BPJS Kenenagakerjaan. (ndo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top