Menu

Lima Hari Lagi Batas Pembayaran, Realisasi PBB Baru Capai 67 Persen

  Dibaca : 135 kali
Lima Hari Lagi Batas Pembayaran, Realisasi PBB Baru Capai 67 Persen
Ilustrasi

M YAMIN, METRO
Realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari Pajak Bumi Bangunan (PBB) telah mencapai 67 persen. Sementara itu, batas akhir pembayaran PBB ini bagi wajib pajak yaitu pada 30 September 2020. Kepala Badan Pendapatan Asli Daerah (Bapenda) Kota Padang, Al Amin mengatakan, jika dinominalkan maka realisasi PBB hingga saat ini sudah Rp 49,5 miliar dari target yang diberikan Rp 73 miliar. “Sisanya masih ada Rp 29 miliar lebih lagi dan kita terus tagih ke wajib pajak,” ujar Al Amin, Kamis (24/9).

Ia mengimbau kepada wajib pajak untuk menunaikan haknya dengan membayarkan pajak PBB sebelum waktunya. Hal ini dimaksudkan agar tidak kena sanksi nantinya. “Orang bijak taat pajak, maka kita berharap masyarakat untuk segera menyetorka PBB-nya,” ucap mantan Kabag Kesra Kota Padang ini.

Al Amin mengungkapkan, apabila wajib pajak melewati tanggal dalam membayaran PBB, maka sanksi akan menanti. Yakni denda 2 persen dari total pajak yang dimiliki. Contoh, pajaknya Rp2 juta, maka wajib pajak membayar di 1 Oktober 2020, besaran yang dibayar Rp 2.040.000.

Saat ini terang Al Amin, waktu masih ada tersisa enam hari lagi sebelum jatuh tempo. Untuk itu, ia mengingatkan warga yang belum mensetorkan pajaknya supaya lakukan pembayaran ke petugas, kantor pos dan lain sebagainya.

“Upaya lain dalam mencapai target, kita telah turunkan petugas ke-11 kecamatan dan 104 kelurahan di Kota Padang untuk melakukan pemungutan ke rumah-rumah atau door to door,” tukas mantan Kasatpol PP Padang ini.

Sementara itu, Anggota Komisi I DPRD Padang, Ja’far meminta kepada wajib pajak untuk membayar pajak sebelum jatuh tempo. Sehingga pajak yang telah dibayarkan tersebut dapat digunakan Pemko Padang untuk pembangunan daerah ini dan lain sebagainya.

“Ayo setor pajaknya. Masyarakat jangan cuek dengan tanggungjawabnya,” ujar kader PKS ini.

Lalu kepada petugas yang turun di lapangan, Ja’far berharap untuk terus menagih semaksimalnya. Supaya target terealisasi dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bertambah. (ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional