Menu

Lift di Pasar Raya sudah Berfungsi, Rentan jadi Tempat Penularan Covid-19

  Dibaca : 85 kali
Lift di Pasar Raya sudah Berfungsi, Rentan jadi Tempat Penularan Covid-19
PERMUDAH WARGA— Pemko telah membangunan lift untuk mempermudah masyarakat untuk menuju Mal Pelayanan Publik (MPP) di lantai IV Blok III. Namun dengan kondisi Covid-19 saat ini, dianjurkan untuk tidak memakai lift tersebut.

PASAR RAYA, METRO
Lift yang ada di depan Blok III Pasar Raya Padang kembali bisa digunakan. Namun dalam kondisi sekarang, dianjurkan untuk tidak memakai lift tersebut karena bisa menjadi media untuk penularan virus Covid-19. Ini mengingat, penambahan kasus Covid-19 di Padang masih cukup tinggi per harinya.

“Liftnya sudah bisa jalan, karena sudah diperbaiki,” ujar Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Andre H Algamar, Minggu (13/9).

Dalam kondisi sekarang menurut Andree, penularan Covid-19 masih mengkhawatirkan. Dan lift bisa rentan sebagai media penularan karena berbahan logam yang membuat virus bisa bertahan di sana. Apalagi pada saat menaiki lift, ada orang yang sudah positif Covid-19, virusnya bisa menular pada pengguna berikutnya.

Melihat bahaya tersebut, kata Andre, ada baiknya untuk menghindari memakai lift ketika naik ke lantai 4 atau ke Mal Pelayanan Publik (MPP) Padang. “Sebaiknya hindari saja naik lift. Bisa jadi kalau ada yang positif memakainya, bisa tertular juga virusnya,” tandas Andree.

Andree mengungkapkan, saat ini di Pasar Raya masih dilakukan razia masker setiap jam-jam ganjil. Selain itu, petugas juga sering menyuarakan imbauan untuk memakai masker dan menjaga jarak melalui pengeras suara.

“Kita selalu ingatkan kepada pedagang dan pengunjung agar selalu mengikuti protokol kesehatan,” tandasnya.

Sebelumnya, usai diresmikan oleh Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah pada 5 Agustus 2020 lalu, lift ini tak berfungsi. Pada 3 September lalu, Andree mengatakan, bahwa saat itu lift yang ada di Blok III Pasar Raya Padang memang tidak berfungsi lagi. Hal itu karena masih ada komponen yang perlu dilengkapi.

“Memang sekarang lagi tak jalan. Sedang dalam perbaikan. Katanya sedang nunggu barangnya yang dipesan dari luar,” sebut Andree.

Di sisi lai terang Andree, dalam kondisi penularan Covid-19 yang luar biasa, menggunakan lift sangat rawan. Sebab ruangan sempit dan tertutup. “Sekarang kalau dipakai rawan juga. Sekali batuk orang di dalamnya bisa tertular kita,” kata Andre. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional