PPP Gelar Bimtek Caleg untuk Menangkan Pileg 2019

DEWAN Pimpinan Wilayah (DPW) Persatuan Pembangunan (PPP) Sumbar memggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Konsolidasi untuk seluruh Calon Anggota Legislatif (caleg) dari PPP untuk memenangkan Pemiloham Legislatif (Pileg) 2019 ini. Pada Pileg 2019, DPW PPP Sumbar memasang target menjadi pemenang atau minimal berada di urutan kedua di Sumbar.
“Bimtek ini merupakan pendidikan politik bagi para caleg sekaligus tokoh masyarakat. Menghadapi Pemilu 2019, mereka tentu memerlukan pendidikan politik,” kata Ketua DPW PPP Sumbar, Hariadi didampingi Ketua Panitia, Emmi Jinnis saat Bimtek dan Konsolidasi bagi Caleg DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota se-Sumbar, di Hotel Kyriad Bumi Minang Jalan Bundo Kanduang, belum lama ini.
Hariadi menambahkan, bimtek dan konsilidasi bertujuan agar seluruh masyarakat memahami tentang cara berpolitik santun dan baik. Sebab, banyak yang tidak memahami cara berpolitik santun dan baik. Tak hanya itu, melalui bimtek ini, mereka diberikan pendidikan untuk meraih suara dalam Pemilu 17 April 2019.
“Setelah bimtek ini selesai, para caleg bisa memahami tentang apa itu politik. Bagaimana cara berpolitik yang baik dan santun, dan bisa menyebarkan ilmu yang mereka dapatkan kepada teman-teman mereka,” jelas Hariadi.
Hariadi menjelaskan, salah satu cara meraup suara di pemilu 2019 adalah meraup suara dan dukungan dari pemilih generasi milenial. Berdasar data dari BPS 2017, sekitar 35-40 persen dari daftar pemilih tetap (DPT), merupakan pemilih minelial. Adapun jumlah DPT, 185.732.093 orang. Artinya, 65 juta – 75 juta jiwa adalah pemilih milenial.
Salah satu Keynote Speaker, Arifki Chaniago mengatakan, cara menarik pemilih milenial adalah melalui media sosial. Sebab, mereka melek teknologi. Kalau untuk di Sumbar, sebaiknya mengunakan Facebook, sebagai tempat ajang mempromosikan diri.
“Dengan adanya bimtek dan konsolidasi yang diadakan oleh PPP Sumbar dapat mendekatkan Partai dengan pemilih milenial sehingga partai PPP bisa bertahan di parlemen dalam waktu yang lama,” kata Arifki.
Sementara, Panitia Bimtek dan Konsilidasi Caleg PPP, Hanafiah mengemukakan, dengan bimtek, seluruh calon legislatif DPRD Sumbar diharapkan memiliki motivasi untuk memenangkan pemilihan. Dalam bimtek tersebut diajarkan tentang strategi bagaimana menarik simpati masyarakat di daerah pemilihan masing-masing.
“Kegiatan ini dihadiri sekitar 260 peserta, kami juga menghadirkan Ketua DPW PPP Sumbar pak Hariadi, serta juga mengundang tokoh penting, seperti dari KPu dan Bawaslu. Tentu informasi bimtek ini bisa menjadi bekal bagi mereka sebelum terjun konstituen,” ujar Hanafiah.
Lebih lanjut, Hanafiah mengapresiasi hadirnya calon legislatif provinsi dalam kegiatan tersebut. Ia juga mengatakan, PPP harus saling bersinergi dari tingkat kabupaten, provinsi hingga pusat untuk memenangkan pemilihan nanti.
“Ini kegiatan mendadak, semua caleg se Sumbar kami kontak satu-satu. Alhamdulillah banyak yang hadir, dan kami sangat mengapresiasi itu,” tandas Caleg DPRD Kota Padang Dapil V itu. (mil)

Exit mobile version