Menu

Liburan, Mari Komitmen Terapkan Prokes, Pungli di Objek Wisata harus Ditindak

  Dibaca : 660 kali
Liburan, Mari Komitmen Terapkan Prokes, Pungli di Objek Wisata harus Ditindak
BAKAL RAMAI— Pantai Air Manis merupakan salah satu objek wisata unggulan di Kota Padang. Pada libur natal dan tahun baru nanti, objek wisata ini diprediksi bakal ramai dikunjungi oleh wisatawan.

SAWAHAN, METRO
Anggota DPRD Kota Padang, Budi Syahrial meminta pelaku industri wisata dan dinas terkait menerapkan protokol kesehatan secara ketat terhadap pengunjung di tempat destinasi wisata yang ada Kota Padang pada momen libur panjang di penutup Desember 2020 nanti.

Hal ini terang Budi, bertujuan agar tidak menciptakan klaster baru pascalibur panjang. Apalagi Januari 2021 pemerintah berencana membuka kembali pembelajaran tatap muka di sekolah.

“Bagaimanapun yang menggeliatkan ekonomi di Kota Padang itu adalah sektor wisata. Oleh karena itu, saya meminta pemerintah dan pelaku industri pariwisata di Kota Padang untuk komitmen menerapkan protokol kesehatan terhadap pengunjung. Pemerintah juga harus tegas terhadap pengunjung tanpa penerapan protokol 3M,” jelasnya, Rabu (23/12).

Untuk memberikan kenyamanan dan lingkungan obyek wisata bagi pengunjung, Budi meminta masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan Kota Padang, khususnya di tempat-tempat pariwisata.

“Bagaimanapun, kita harus memberikan kenyamanan dan suasana lingkungan sehat bagi pengunjung. Oleh karena itu, selalu jalani protokol 3M, buang sampah pada tempatnya. Dan dinas terkait, harus menjaga kebersihan Pantai Padang yang menjadi daya magnet bagi wisatawan,” paparnya.

Selain itu, untuk memberikan rasa aman bagi pengunjung, Budi meminta aparat terkait menindak tegas tindakan pungli-pungli yang dilakukan oleh masyarakat, dan juga penertiban petugas parkir liar yang biasanya tumbuh subur saat musim liburan tiba.

“Walau di masa pandemi, kita harus menjaga ketertiban di Kota Padang. Berikan rasa aman, nyaman, dan sehat terhadap wisatawan yang datang ke Kota Padang. Oleh karena itu, kami meminta, dilakukannya penertiban terhadap oknum masyarakat yang masih melakukan pungli. Selain itu, juga dilakukan penertiban terhadap oknum petugas parkir liar yang ada di sudut-sudut Kota Padang, khususnya tempat obyek wisata,” ucapnya.

Walau masa liburan di akhir tahun telah tiba, membiasakan dan mewajibkan diri untuk mematuhi protokol kesehatan merupakan salah satu kunci agar Covid-19 dapat ditekan penyebarannya. Namun dibutuhkan perilaku disiplin dari diri sendiri, juga sangat perlu untuk dilakukan secara kolektif dengan penuh kesadaran.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayan Kota Padang, Arfian mengatakan, liburan natal dan tahun baru (Nataru) 2021 diperkirakan akan ramai warga mengunjungi Kota Padang. Guna memastikan berjalannya protokol kesehatan di objek wisata saat liburan ini, Pemko Padang akan turunkan tim untuk patroli atau pengawasan.

“Kita tidak ada melakukan kegiatan, hanya saja objek wisata akan diawasi untuk penerapan protokol kesehatan,” kata Arfian.

Tidak hanya tim Pemko Padang yang terdiri Satpol PP, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Kesbangpol, pengawasan objek wisata juga melibatkan TNI dan Polri. Pengawasan tidak hanya di beberapa objek wisata saja, namun seluruh objek wisata.

“Pengawasan sudah mulai sejak awal Desember sampai berakhir liburan panjang,” bebernya.

Pada momen liburan tahun baru ini harap Arfian, mari ramai-ramai ke Padang, namun tetap dengan menerapkan protokol kesehatan. “Saat liburan tetap laksanakan protokol kesehatan, jangan sampai nantinya ada klaster liburan,” ungkapnya. (ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional