Menu

Libur Nataru, Jumlah Pengguna Jasa Penyeberangan Turun

  Dibaca : 598 kali
Libur Nataru, Jumlah Pengguna Jasa Penyeberangan Turun
ANTRE MENYEBERANG— Kendaraan roda empat terlihat antre saat melakukan penyeberangan dengan menggunakan kapal.

JAKARTA, METRO
Layanan penyeberangan Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) periode Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 kali ini mengalami sedikit perubahan. Meski terlihat ramai, namun berdasarkan data posko Pelabuhan Merak 24 jam pada Jumat (18/12) pukul 08.00 hingga Sabtu (19/12) pukul 08.00 atau H-7 mencatat adanya tren penurunan.

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat, jumlah total penumpang yang menyeberang dari Jawa menuju Sumatera pada H-7 berjumlah 31 ribu orang atau turun 2,27 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2019 sebanyak 33 ribu orang.

Diikuti kendaraan roda dua sebanyak 790 unit atau naik 33,7 persen dengan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 590 unit, lalu kendaraan pribadi (R4) sebanyak 4.200 unit atau naik 26,5 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 3.390 unit kendaraan, dan total kendaraan R-4/lebih (termasuk bus dan truk) tercatat sebanyak 2.700 unit kendaraan atau turun 37 persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 7.300 unit.

Sebaliknya, data Posko Pelabuhan Bakauheni 24 jam pada Jumat (18/12) pukul 08.00 hingga Sabtu (19/12) pukul 08.00 atau H-7 mencatat, jumlah total penumpang yang menyeberang dari Bakauheni menuju Merak berjumlah 24.644 orang atau turun 11 persen dibandingkan periode sama tahun 2019 sebanyak 27.782 orang.

Diikuti kendaraan roda dua sebanyak 522 unit atau hampir sama dengan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 521 unit, lalu kendaraan pribadi (R4) sebanyak 2.880 unit atau naik 6 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 2.726 unit kendaraan, dan total kendaraan R-4/lebih (termasuk bus dan truk) tercatat sebanyak 6.192 unit kendaraan atau turun 3 persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 6.395 unit.

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) sendiri terus mengingatkan pengguna jasa penyeberangan pada masa Angkutan Natal dan Tahun Baru 2020/2021 (Nataru) agar mempersiapkan perjalanan dengan baik, mulai dari reservasi tiket secara online, menjaga stamina tubuh dan kendaraan tetap prima, serta mematuhi protokol kesehatan di tengah masa adaptasi kebiasaan baru (AKB) pandemi Covid-19.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Shelvy Arifin mengatakan, pihaknya telah berkomitmen menghadirkan layanan penyeberangan dan pelabuhan dengan service excellent, sehingga pengguna jasa dapat menikmati perjalanan pada periode Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 dengan sehat, lancar, aman dan nyaman.

“Kami pastikan, kesiapan sarana dan prasarana memadai. Namun, kami harapkan kerja sama dari pengguna jasa untuk lebih well prepared. Pastikan telah mereservasi tiket via Ferizy, menjaga kondisi kesehatan tubuh dan kendaraan, serta patuhi protokol kesehatan, wajib memakai masker, mencuci tangan dengan air dan sabun, serta menjaga jarak (physical distancing),” jelas Shelvy, Minggu (20/12).

Disamping itu, demi kelancaran, keamanan dan kenyamanan dalam perjalanan, ASDP juga menginformasikan ada beberapa hal yang harus diperhatikan pengguna jasa. Yaitu, pengguna jasa yang telah membeli tiket harus tiba di pelabuhan lebih awal, yakni melakukan check-in dan cetak boarding pass di pelabuhan paling lambat dua jam sebelum jadwal masuk pelabuhan;

Kemudian, bagi pengguna jasa yang tiba di pelabuhan melebihi waktu keberangkatan, maka tiket akan hangus sehingga pengguna harus membeli tiket kembali via online. Jika ada kendala yang dihadapi yang dapat menyebabkan keterlambatan, dapat melakukan reschedule tiket paling lambat 2 jam sebelum jadwal masuk pelabuhan.

Pada periode layanan libur panjang ini, ASDP juga menerapkan proses screening (stopper) di sejumlah titik akses jalan menuju pelabuhan yang berperan untuk memastikan bahwa pengguna jasa sudah memiliki tiket. Dengan demikian, penumpukan kendaraan di area tollgate pelabuhan dapat dihindari.

“Trafik penyeberangan Merak-Bakauheni relatif ramai dan lancar, dimana pergerakan kendaraan roda 4 penumpang masih mendominasi, baik dari Jawa menuju Sumatera, maupun sebaliknya,” kata Shelvy.

Sebagai informasi, libur akhir tahun yang juga berdekatan dengan momen perayaan Natal menjadi perhatian pemerintah termasuk Satgas Covid-19. Sebelumnya Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengimbau masyarakat untuk dapat mengisi libur akhir tahun 2020 dengan beraktivitas di rumah. Imbauan tersebut disampaikan mengingat saat ini Indonesia masih menghadapi pandemi Covid-19. (rel)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional