Close

Libur Lebaran, Pemkab Solsel Siagakan Personel RSUD dan Puskesmas Buka 24 Jam

RAPAT KOORDINASI— Sekdakab Solsel, H Yulian Efi saat memimpin rapat koordinasi terkait persiapan sejumlah personel dari berbagai OPD selama pada libur lebaran. (afriadi nursal/posmetro)

SOLSEL, METRO – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan (Solsel) mempersiapkan sejumlah personel dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk disiapkan menghadapi libur lebaran tahun ini. Salah satunya yang disiapkan tersebut yaitu dari jajaran Dinas Kesehatan.

“Hal ini sudah dilakukan sebelumnya, RSUD dan seluruh puskesmas di wilayah Solsel kita pastikan siap melayani selama 24 jam pada libur lebaran,” ujar Sekdakab Solsel, H Yulian Efi didampingi Kepala Dinas Kesehatan, Novian saat rapat koordinasi.

Ia menjelaskan, terhitung 1 Juni hingga 9 Juni, piket petugas kesehatan sudah disiagakan dan akan bertugas secara bergantian di masing masing tempat penugasan. “Kepada OPD yang mendapatkan jatah, diinstruksikan untuk memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan tugas pokok fungsi masing-masing. Seperti Dinas Perhubungan, Satpol PP dan Damkar, Dinas Pariwisata, BPBD, serta OPD lainnya,” ungkapnya.

Yulian Efi menambahkan, Dinas Perhubungan dan Satpol PP nantinya akan bergabung dengan pihak Kepolisian dan juga TNI pada empat posko operasi ketupat. Yakni di Simpang Padang Aro, Taman Muara Labuh, dan Lubuk Malako, yang akan beroperasi dari 29 Mei hingga10 Juni mendatang.

“Sebanyak 85 orang personel Dinas Perhubungan dan 84 personel Satpol PP, akan kita terjunkan pada posko-posko yang ada. Satpol PP nantinya juga ditugasi di beberapa obyek wisata yang ada,” katanya.

Yulian Efi berpesan, terkait kebersihan dan kenyamanan obyek wisata, dia mewanti-wanti instansi terkait agar memperhatikan secara serius masalah kebersihan yang selalu menjadi permasalahan di berbagai objek wisata.

“Jangan ada pungutan liar (pungli) di obyek wisata, ini akan merusak citra daerah, bukan hanya objek wisatanya,” sebutnya.

Terkait permasalahan objek wisata itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Solsel, Harry Trisna mengatakan bahwa mereka akan melakukan pengecekan setiap harinya khususnya obyek wisata Hot Water Boom (HWB). Sebab pengelolaannya langsung dibawah Pemkab Solsel.

“Obyek wisata lain juga akan tetap dipantau melalui tim yang akan dibentuk nantinya. Dan kita juga akan segera mengkoordinasikan dengan instansi yang menangani kebersihan,” tuturnya.

Sementara itu, untuk mengantisipasi ketika adanya bencana, Plt Kelaksa BPBD, Putra Nusa mengatakan, bahwa pihaknya juga sudah menyiapkan personel dan peralatannya yang akan disiagakan nantinya selama libur lebaran.

“Ada 21 personel yang sudah kita siapkan penugasannya serta beberapa alat yang kita siagakan untuk antisipasi dini nantinya,” pungkasnya. (afr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top