Close

Libur Lebaran, Arus Lalu Lintas Cukup Padat di Kota Solok

PIMPIN RAKOR— Wali Kota Solok Zul Elfian memimpin rapat koordinasi mengantisipasi kondisi menyambut lebaran dan libur lebaran yang melibatkan SKPD terkait di lingkungan Pemko Solok.

SOLOK, METRO–Arus lalulintas di Kota Solok terlihat semakin padat dibandingkan hari biasanya. Dan hampir di se­tiap ruas jalan di Kota Solok memperlihatkan kecendrungan semakin mening­katnya arus lalu lintas yang dilewati kendaraan bermotor. Karena Kota Solok merupakan kota lintas yang berada disimpul trans Sumatra bagian tengah, pascalebaran arus kendaraan yang melintasi Ko­ta Solok memang cukup padat. Dan pengguna jalan umum maupun pengemudi kendaraan bermotor diminta lebih waspada dan ekstra hati-hati.

“Dengan menempatkan sejumlah petugas baik itu dari Dinas Perhubu­ngan, Polri maupun TNI dititik-titik tertentu diharapkan masyarakat dan pengguna jalan lebih aman,” uajr Wali Kota Solok Zul El­fian terkait kesiapan Pemko Solok mengamankan arus mudik dan arus balik.

Memang lanjutnya ada pengamanan lebaranyang merupakan gabungan dari beberapa instansi dengan menempatkan sejumlah petugas pada titik-titik kawasan yang dinilai rawan. Namun dirinya meminta agar masyarakat pengguna jalan umum maupun pengendara kendaraan bermotor lebih berhati-hati saat berada dijalan umum.

Dengan meningkatnya volume arus kendaraan bermotor menjelang dan pasca lebaran, dikhawatirkan juga akan mempertinggi terjadinya kasus kecelakaan. Dan untuk mengantisipasi berbagai persoalan yang muncul saat arus mudik dan arus balik me­ngatakan pihaknya telah melakukan rapat koordinasi dengan sejumlah instansi pemerintah.

Dan salah satu titik yang dianggap rawan kemacetan di Kota Solok yakni kawasan Pasar Raya Solok. Meningkatnya jumlah pe­ngunjung serta kendaraan bermotor yang tidak sebanding dengan ketersediaan lahan parkir menjadi salah satu faktor penyebab kemacetan dikawasan ter­sebut.

Dan sejumlah petugas serta pos pengamanan lebaran  di ditempatkan dikawasan Pasar Raya Solok dengan harapan kemungkinan kemacetan maupun tingkat kriminalitas dikawasan tersebut dapat ditekan.

Zul Elfian juga menekankan agar Dinas Perhubungan lebih memperhatikan rambu-rambu lali­lintas yang terpasang agar dapat memandu pengguna kendaraan saat mudik mau­pun balik.

Dia H+4 lebaran arus balik kendaraan pasca le­baran masih terlihat melintas di Kota Solok. Sedangkan kondisi lalulintas di­sejumlah ruas jalan di Kota Solok yang merupakan titik simpul lintas sumatra kembali terlihat normal.

Di kawasan Pasar Raya Solok misalnya, selama bulan puasa hingga memasuki lebaran kawasan ini terbilang sangat padat oleh warga maupun kendaraan bermotor. Namun kemarin kondisi ruas jalan di kawasan Pasar Raya Solok mulai terlihat normal meski arus lalulintas agak tersendat.

Penggunaan jalur satu arah yang sempat diberlakukan untuk mengurai kemacetan dikawasan ter­sebut masih berlaku. Arus balik di terminal regional bareh solok bagi masya­rakat yang menggunakan kendaraan umum juga terlihat meningkat. Aktifitas diterminal antar lintas di Kota Solok tersebut tampak cukup tinggi. (vko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top