Menu

Libur, Jumlah Pengunjung Pantai Aiamanih Padang Capai 2 Ribu per Hari

  Dibaca : 118 kali
Libur, Jumlah Pengunjung Pantai Aiamanih Padang Capai 2 Ribu per Hari
Pantai Airmanih Padang.

AIAMANIH, METRO–Direktur Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Padang Sejahtera Mandiri (PSM), Poppy Irawan mengatakan, bahwa pihaknya selalu melibatkan warga sekitar Dalam pengelolaan objek wisata Pantai Aiamanih. Menurutnya, 60 persen pengelola Pantai Aiamanih dipegang oleh masyarakat sekitar pantai.

“Kita selalu memberdayakan masyarakat yang ada di sekitar. Saat ini saja, mayoritas 60 pegawai adalah warga di Pantai Aiamanih,” tukas Poppy Irawan. Ia menambahkan, nantinya nelayan juga akan dilibatkan untuk pengembangan wisata pulau Pisang Gadang Padang. “Untuk pengembangan objek wisata kedepannya kita tetap berpegang pada prinsip untuk memberdayakan masyarakat yang ada,” tandasnya.

Poppy Irawan berharap dengan memberdayakan masyarakat, dapat meningkatkan ekonomi di sekitar objek wisata.

Kepatuhan Pengunjung

Poppy Irawan mengungkapkan, kepatuhan pengunjung menerapakan protokol kesehatan meningkat. Hanya saja sejak dua minggu belakangan pengunjung Pantai Aiamanih berkurang.

“Memang dua minggu belakangan terjadi pengurangan pengunjung, namun ada peningkatan kesadaran pengunjung menggunakan masker dan penerapan protokol kesehatan,” ujar Poppy Irawan, Sabtu (5/9).
Menurutnya, untuk antisipasi lonjakan kasus positif Covid-19, pengelola telah melaksanakan protokol Covid-19. Setiap pengunjung yang masuk diperiksa suhu, dan harus pakai masker dan cuci tangan. Kemudian juga disediakan bilik strelisasi.

Poppy Irawan mengatakan meskipun terjadi penurunan pengunjung Pantai Aiamanih, jumlahnya tidak begitu signifikan. Dalam sehari dari Senin sampai Jumat rata-rata ada 200 sampai 500 orang pengunjung. “Kalau saat weekend atau hari libur, rata-rata diatas 1000 sampai 2000 pengunjung per hari,” tambahnya.
Ia mengungkapkan, selain dikarena kondisi lonjakan Covid-19, kondisi cuaca belakangan juga ikut mempengaruhi jumlah pengunjung.

Lauching Paket Wisata

Poppy Irawan mengatakan, Perumda PSM akan mengembangkan paket wisata Pulau Pisang Gadang. Rencananya, dalam waktu dekat dilaunching paket wisata Pulau Pisang Gadang. “Saat ini sedang kita siapkan, nanti wisatawan bisa berliburan di pulau dengan terlebih dahulu reservasi, bukan masal sifatnya,” ujar Poppy Irawan.

Menurutnya, Pulau Pisang Gadang memilih keindahaan alam dan lautan yang indah. Kemudian jarak tempuh Pulau Pisang Gadang dari Pantai Air Manis cukup relatif singkat.

Hal ini bertujuan agat para wisatawan dapat menghemat waktu akses transportasinya. “Kita juga mengangkat kuliner tradisional, nanti ada olahan dari pulau tersebut, nanti ada bahan dasar kerang,” bebernya.

Ia menjelaskan, bahwa Pulau Pisang Gadang dikonsepkan menjadi pulau wisata privat, sehingga wisatawan bisa menikmati dengan keluarga atau orang terdekatnya. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional