Close

Libur Idul Fitri di Pantai Air Manis, Hindari Kemacetan, Bus Dilarang Masuk

Ilustrasi Mudik (Doc. wartakepri)

M YAMIN, METRO – Kota Padang menjadi destinasi wisata yang akan ramai di kunjungi oleh masyarakat baik dari Sumbar sendiri maupun dari luar saat libur lebaran nanti. Hal tersebut dapat menyebabkan kemacetan di lokasi-lokasi objek wisata maupun di pusat perbelanjaan.

Kasat Lantas Polresta Padang, Kompol Asril Prasetya mengatakan bahwa titik kemacetan di Kota Padang berada di depan pusat-pusat perbelanjaan.

”Pusat perbelanjaan yang rawan akan kemacetan ini terutama di depan Basko Mall, Transmart dan Plaza Andalas,” ujar Kompol Asril, Senin (27/5).

Ia mengatakan, untuk mengantisipasi kemacetan tersebut, Polresta Padang menurunkan sebanyak 25 personel.

“25 orang inilah yang akan mengatur di beberapa titik kemacetan yaitu di Basko, Transmart, dan Plaza Andalas,” katanya.

Sementara itu khusus untuk kawasan Pantai Air Manis, ia merencanakan akan bekerja sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) yaitu adanya penutupan jalan satu arah. Selain itu, pihaknya akan melakukan pelarangan bus, baik itu bus pariwisata ataupun bus seperempat dan truk untuk masuk ke Pantai Air Manis. Hal ini guna menghindari kemacetan di objek wisata tersebut.

”Ini adalah berdasarkan hasil rapat forum lalu lintas dalam upaya untuk menghindari kemacetan di pantai yang terkenal dengan Batu Malin Kundangnya tersebut,” ucap Kompol Asril.

Pihak Satlantas Polresta Padang akan berkoordinasi lagi dengan Dishub Kota Padang mengenai pelarangan bus masuk ke Pantai Air Manis Kecamatan Padang Selatan. Dan akan memasang rambu-rambu pelarangan bus masuk ke sana.

”Kita berharap kerja sama dari seluruh pihak, baik itu pengendara bus maupun wisatawan yang mengunakan bus. Kita ambil pelajaran dari lebaran 2018 kemaren, bahwa macet panjang terjadi di sana karena padatnya mobil berbadan besar yang menuju ke Pantai Air Manis, “ungkapnya.

Kompol Asril mengungkapkan, untuk perantau yang akan berhari raya ke Padang yang menggunakan bus atau lewat jalur darat dari Jakarta, Pekanbaru atau daerah lainnya, akan diarahkan ke Bypass. Ini dimaksudkan untuk mengurangi kepadatan yang ada di dalam kota.

”Saya mengimbau agar pemudik melewati jalur Bypass, mengingat jalur kota yang padat indikasi adanya kemacetan. Bagi pemudik kita juga akan mendirikan 10 pos pengamanan yang bisa di gunakan bagi pemudik untuk beristirahat melepas penatnya,” pungkasnya. (r)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top