Menu

Libatkan 3.522 Kepala Keluarga dan 10 Masjid, Wako Padang  Launching Program Nasi Berkah KPIK

  Dibaca : 123 kali
Libatkan 3.522 Kepala Keluarga dan 10 Masjid, Wako Padang  Launching Program Nasi Berkah KPIK
NASI BERKAH— Wako Hendri Septa didampingi Tokoh Masyarakat Fauzi Bahar, melaunching program Nasi Berkah KPIK Kototangah di Masjid Raya Ikur Koto, Kelurahan Koto Panjang, kemarin.

IKUA KOTO, METRO–Sebagai bentuk kepe­du­lian sosial dengan cara mem­bantu sesama dili­hat­kan warga Kelurahan Koto Panjang Ikua Koto (KPIK), Kecamatan Kototangah. Dimana setiap kepala ke­luarga (KK) membuat nasi bungkus untuk dibagikan kepada warga sekitar Koto­tangah.

Program  bertajuk Nasi Berkah yang digagas oleh tokoh masyarakat Kota Padang yang juga mantan wako dua periode Fauzi Bahar bersama masya­rakat RT/ RW KPIK. Ber­tempat di Masjid Raya Ikur Koto, Kelurahan Koto Pan­jang, Wako Hendri Septa melakukan launching se­cara resmi program nasi ber­kah dan penyalurannya kepada masyarakat.

Pada kesempatan itu, Hendri Septa mengatakan, sasaran dari nasi berkah ini adalah warga yang kurang mampu yang terdiri dari kuli bangunan, angkat batu, tukang ojek dan pedagang yang bergerobak.

“Kami menyambut de­ngan suka cita atas adanya program ini, karena mem­berikan efek positif lang­sung kepada masya­ra­kat,­”kata Hendri Septa.

Ia menambahkan, ke depan program seperti ini juga diharapkan dapat di­tiru dan dilakukan oleh ke­camatan-kecamatan yang lain.

Sementara itu, tokoh masyarakat Koto Tangah Fauzi Bahar yang turut hadir mengatakan, bahwa nasi berkah ini merupakan merupakan program sosial dalam rangka berbagi ke­pada warga yang kurang mam­pu.

“Semangatnya, belajar dari sejarah dimana pada zaman  agresi militer, se­ma­ngat nenek-nenek kita da­hulu mengantarkan nasi dan lauknya kepada pe­juang kemerdekaan. Be­rang­kat dari itu kita mem­buat program nasi berkah ini, berbentuk nasi bungkus yang bersumber dari war­ga setiap harinya antar RT/RW yang berjumlah 1 bung­kus/KK per harinya,” je­lasnya.

Ia menambahkan, se­tiap harinya akan ada 500 nasi bungkus yang diba­gikan kepada warga ku­rang mampu. “Ini merupa­kan wujud Kepedulian kita, yang mana pada saat ini dengan adanya pandemi Covid-19 banyak masya­rakat yang terdampak,” kata Fauzi Bahar.

Fauzi menuturkan, nasi ber­kah ini  akan di diba­gikan melalui sepuluh mas­jid yang berada di ling­kungan Kelurahan KPIK. “Kita melibatkan 10 masjid yang ada dilingkungan KPIK dalam hal pendis­tri­busian. Untuk mengolah Nasi Berkah, dilibatkan 3.522 KK yang ada di Kelu­rahan KPIK,” jelasnya.

Setiap KK menyiapkan satu bungkus nasi saja dalam seminggu yang akan dikumpulkan di RW. “Dalam implementasinya, dibagikan 500 bungkus se­tiap harinya di masjid agar disetiap usai shalat zuhur agar para saudara kita yang harinya disibukkan dengan mencari rezeki dijalanan maupun  seperti buruh, tukang ojek tidak lupa shalat dan tinggal shalatnya dalam mencari rezeki,” pungkas tokoh pencetus Pesantren Ramadhan dan jilbab di sekolah Kota Padang itu. (hen)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional