Menu

LFN Sumbar Digelar Awal Oktober 2015

  Dibaca : 1301 kali
LFN  Sumbar Digelar Awal Oktober 2015
Ketua DPC PPP Kota Solok Herdiyulis, perwakilan Audy Joinaldy yang menyerahkan bantuan APD untuk Tagana Kota Solok.

Futsal
PADANG, METRO–Liga Futsal Nusantara (LFN) tingkat Sumbar ditetapkan akan digelar mulai Sabtu, 3 Oktober 2015. Namun, untuk tim peserta pihak Asoasiasi Futsal Provinsi (AFP) masih membuka pendaftaran hingga 15 Sepetember 2016.

Kepastian digelarnya kick off  LFN Sumbar, terangkum dalam rapat AFP Sumbar dengan para klub peserta, Sabtu (5/9) di Rafhely Futsal, Bypass Padang. Kategori LFN yang akan digelar adalah antar klub U-23 putra.

Dipimpin Sekretaris Umum AFP Sumbar, Yosrizal, yang dihadiri utusan klub, sejauh ini sudah ada 15 klub yang sudah menyatakan keikutsertaan. Namun demikian, dari 15 klub itu masih ada yang belum menyelesaikan proses administrasi termasuk 8 klub lama yang sudah terdaftar sejak 2013.

”Karena itu, kita beri kesempatan sampai tanggal 15 September, semua peserta harus sudah menyelesaikan semua administrasi lengkap. Baik uang pendaftaran, buku pemain, dan segala persyaratan administratif lainnya,” ucap Yosrizal.

Jika masih ada klub di luar 15 tim yang sudah terdaftar, masih diberi kesempatan mendaftar. “Tanggal 15 itu kita hanya menerima tim peserta yang membawa persyaratan lengkap. Diluar itu tak ada toleransi lagi,” ujar Yosrizal.

Hal lain yang disepakati dalam meeting tersebut, format pertandingan tetap dengan pembagian grup. Dimana akan dibagi dua grup berapapun pesertanya. Selanjutnya dua tim teratas masing-masing grup maju ke semifinal dan akan dilakukan sistim silang.

”Dalam aturan AFI, tiap provinsi minimal 16 peserta dan dalam pembagian grup minimal enam tim paserta, kita berpegangan pada hal itu. Prinsipnya kita ingin memberi kesempatan lebih banyak bermain kepada masing-masing tim,” ujar Yosrizal.
Sedangkan screening pemain dilakukan 26-27 September, dan tiap tip wajib membawa pemain dengan membawa dokumen asli, seperti KTP, Akta kelahiran dan Ijazah terakhir.”Technical meeting dilaksanakan 2 Oktober pukul 15.00 WIB di Rafhely Futsal,” ucap Yosrizal.

Sementara, Ketua AFP Sumbar, H Yasman Yanusar juga memberi pengarahan kepada tim peserta, bahwa tiap klub wajib memakai pelatih yang minimal memiliki Lisensi level 1 Nasional, sesuai ketentuan yang ditetapkan oleh AFI Pusat.

Selain itu, H Yasman juga mengimbau tim agar mempersiapkan diri sebaik mungkin dan bisa menampilkan permainan terbaik. Bagaimanapun iven ini juga akan dijadikan ajang memantau pemain untuk Tim Futsal PON Sumbar.

”Tim Futsal PON Sumbar, sejauh ini masih menetapkan sistem promosi dan degradasi pemain. Siapa tahu dari LFN ini muncul pemain yang belum terpantau, dan memenuhi persyaratan masuk tim PON,” ucap Pak Haji.

Ditambahkan, juara LFN Sumbar ini nantinya akan wakili Sumbar ke tingkat regional bersama wakil 34 provinsi. Jika lolos dari regional berhak maju ke tingkat nasional yang akan diikuti delapan tim.

”Jika mampu masuk empat besar nasional LFN, berhak lolos ke Liga Pro Futsal Super League (FSL). Jadi, silahkan berkompetisi dengan baik dan tunjukan kemampuan terbaik dan bisa menjadi wakil Sumbar,” tutup Yasman. (cr10)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional