Menu

Lewat Koperasi Syariah, SIG Beri Modal untuk Entrepreneur Muda

  Dibaca : 91 kali
Lewat Koperasi Syariah, SIG Beri Modal untuk Entrepreneur Muda
PENYERAHAN HIBAH— Penandatangan penyerahan hibah modal usaha dari SIG ke KSPPS BTM Al Daii.

JAKARTA, METRO
PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. terus mendorong lahirnya entrepreneur muda dari kalangan mahasiswa atau pelajar. Agar usaha kreatif dari entrepreneur muda dapat berjalan lancar, mereka mesti didukung dengan modal usaha.

Modal usaha tersebut disalurkan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. dalam program SIG Mandiri. Modal tersebut jumlahnya Rp100 juta yang disalurkan melalui Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) BTM Al Daii.

General Manager of corporate social responsibility (CSR) PT Semen Indonesia (Persero) Tbk Edy Saraya mengatakan, bantuan modal usaha dari SIG adalah bagian dari upaya PT Semen Indonesia (Persero) Tbk untuk memperdayakan masyarakat dan melahirkan lapangan kerja. Langkahnya dengan merangsang anak muda menjadi entrepreneur dan masyarakat melakoni usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Untuk mewujudkan itu, kami kerja sama dengan lingkungan akademisi,” ujar Edy Saraya, Rabu (7/10).

Edy Saraya menjelaskan, kerja sama SIG dengan lingkungan akademis dan masyarakat sudah diawali sejak November 2019. Ketika itu SIG mengadakan training kewirausahaan untuk siswa SMA/SMK dan mahasiswa yang ikut dalam seleksi “Building Gresik’s Young Enterpreneur”.

“Training kewirausahaan itu diharapkan dapat menumbuhkan minat dan sekaligus melatih kreativitas anak muda untuk berwiraswasta,” imbuhnya.

Maka dari itu, generasi muda tersebut perlu dibekali dengan pengetahuan tentang merintis usaha dan sharing pengetahuan dengan pengusaha muda Binaan Semen Indonesia. Hingga pada ujungnya, kini PT Semen Indonesia (Persero) Tbk menyalurkan modal usaha untuk calon entrepreneur tersebut. Dengan modal itu mereka bisa mendapatkan tambahan modal dalam berusaha.

Dalam penyaluran untuk wilayah Gresik, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk menggandeng KSPPS BTM Al Daii. “Diharapkan penyaluran modal usaha kepada UMKM di sekitar Gresik bisa berjalan optimal. Bisa memberi manfaat kepada masyarakat khusunya kepada calon–calon pengusaha dan UMKM di saat pandemi seperti saat ini,” Edy Saraya.

Sejalan dengan itu, kata Edy, pemberian hibah untuk penyaluran modal dengan KSPPS BTM Al Daii merupakan langkah awal PT Semen Indonesia memonitoring dan evaluasi terhadap perkembangan koperasi dan UMKM yang menjadi nasabah koperasi tersebut.

“Semen Indonesia juga meminta Al Daii melakukan pembinaan kepada nasabah–nasabahnya melalui seminar, pelatihan, dan mengadakan pameran sebagai event untuk mempromosikan usaha–usaha para nasabahnya,” kata Edy.
Adapun penyaluran hibah dari PT Semen Indonesia diserahkan Edy Saraya dan diterima langsung oleh Ketua KSPPS BTM Al Daii Umaimah. (jpc)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional