Menu

Lestarikan Nilai Budaya

  Dibaca : 146 kali
Lestarikan Nilai Budaya
USAI PEMBUKAAN— Wabup Suhatri Bur usai acara pembukaan acara Kerapatan Adat Nagari (KAN) Sintuk.

PDG.PARIAMAN, METRO
Wakil Bupati Padangpariaman Suhatri Bur menyatakan semua pihak zaman sekarang ini hendaknya bertanggung jawab dalam melestarikan nilai nilai budaya.

“Peranan ninik mamak dalam melestarikan nilai budaya tersebut sangat herat kaitannya, sehingga nilai nilai budaya minangkabau berjalan sebagaimana yang diharapkan semua pihak,” kata Wakil Bupati Padangpariaman Suhatri Bur aat acara pelestarian nilai budaya peranan niniak mamak di nagari Sintuak, Kecamatan Sintuk Toboh Gadang, Kabupaten Padangpariaman.

Katanya, pergunakan rumah gadang karena memiliki banyak fungsi dan peran bagi masyarakat Minangkabau dan adat istiadat sangat menentukan.

“Rumah gadang merupakan simbol pemersatu, kekuatan dan simbol kebesaran masyarakat Minangkabau. Ini perlu dilestarikan, tidak hanya bangunannya tetapi juga semangat berumah gadangnya,” ungkapnya.

Apalagi katanya, peran rumah gadang yang bisa menularkan nilai-nilai adat istiadat sekaligus semangat hidup bermasyarakat sesuai dengan tradisi yang telah diwariskan oleh generasi sebelumnya.

Suhatri Bur apresiasi masyarakat nagari Sintuk yang masih membudayakan nilai-nilai budaya karena telah memfungsikan nilai nilai budaya dalam rumah gadang sebagai tempat prosesi adat salah satunya proses meminang.

“Kita ucapan terima kasih kepada masyarakat Sintuk karena telah menanamankan nilai nilai buadaya dalam kehidupan sehari harinya,” tandasnya mengakhiri. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional