Close

Lestarikan Budaya dengan Alek Nagari di Kabupa­ten PadangPariaman

SAKSIKAN ALEK NAGARI— Bupati Padangapriaman Suhatri Bur bersama Deputi saat menyaksikan Alek Nagari.

PDG.PARIAMAN, METRO–Sumarak Alek Anak Na­gari memasuki hari ketiga penyelenggaraannya. Program Pelestarian budaya yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Padang Pariaman tersebut terus digiatkan agar budaya anak nagari tetap terjaga dan tidak ter­gerus oleh zaman.

Setelah sukses di dua hari penyelenggaraan sebelumnya antara lain lomba lagu pop minang pada hari selasa dan lomba pa­sambahan adat yang dilaksanakan rabu kemarin, sekarang ditutup dengan lomba randai anak nagari yang diikuti oleh peserta yang berasal dari sanggar seni yang ada di Kabupa­ten PadangPariaman.

Dihari ketiga pelak­sana­an Sumarak Alek A­nak Nagari tersebut, kedatangan tamu spesial Diah Natalisa, MBA. yang merupakan Deputi Bidang Pela­yanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, KEMARIN. Deputi Bi­dang Pelayanan Publik Kemenpan RB tersebut me­nyempatkan hadir me­nyaksikan penampilan a­nak randai dari sanggar seni anak nagari disela-sela kunjungan kerjanya meninjau pelayanan publik di Kabupaten PadangPariaman

Deputi Pelayanan Publik begitu antusias dan me­nikmati atraksi randai yang ditampilkan oleh Peserta tersebut. Saking seriusnya menyaksikan atraksi randai tersebut,  Diah Nata­lisa pun rela menunda kebe­rangkatannya menuju Bukittinggi untuk melanjutkan rangkaian kunjungan kerjanya di Sumatera Ba­rat.

Dalam menyaksikan penampilan peserta randai tersebut Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB didampingi Bupati Pa­dangpariaman, Suhatri Bur dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pa­dangpariaman Anwar.

Bupati Padangpariaman Suhatri Bur menyebutkan bahwa kegiatan Sumarak alek anak nagari, dilaksanakan untuk menarik minat masyarakat dalam melestarikan adat dan budaya Padangpariaman khususnya dan Minangkabau pada umum­nya.

“Kegiatan  Sumarak alek anak nagari ini dilaksanakan selama tiga hari sejak hari selasa kemarin,  ada lomba lagu pop minang, lomba pasambahan adat dan ditutup dengan lomba randai, tujuan dilaksanaknnya adalah untuk menarik minat masyarakat dalam melestarikan adat dan budaya masyarakat kita,” ujar Bupati.

Kunjungan Deputi Pelayanan Publik Kemenpan RB di Kabupaten Padangpariaman dalam rangka Audiensi dengan Bupati Padangpariaman beserta OPD dan Camat se Kabupaten PadangPariaman terhadap pelayanan publik yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Padangpariaman sekaligus peninjauan pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padangpariaman. (efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top