Close

Lebih dari 1 Juta Vaksin Pfizer Tiba di Soekarno-Hatta

Bea Cukai memberikan asistensi berupa fasilitas fiskal terhadap 1.111.500 dosis vaksin pfizer yang tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Minggu (17/10).

TANGERANG, METRO–Bea Cukai memberikan asistensi berupa fasilitas fiskal terhadap 1.111.500 dosis vaksin pfizer yang tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Minggu (17/10). Hal itu dilakukan demi kelan­caran importasi vaksin Pfizer untuk mendukung pemerintah dalam mewu­judkan program pengamanan stok vaksinasi.

Kepala Kantor Bea Cukai Soekarno-Hatta Finari Manan mengatakan bahwa kedatangan vaksin Pfizer itu terbagi dalam dua tahap.  “Pertama diangkut menggunakan K-Mile Airline 8K-804 dan tiba pada pukul 05:03 WIB. Kedua diangkut menggunakan My Indo Airlines 2Y-2201 dan tiba pada pukul 16.20 WIB,” ungkap Finari dalam siaran persnya, Kamis (21/10).

Dia menambahkan, vaksin itu dike­mas dalam empat unit load device (ULD) dan langsung diperiksa oleh petugas Bea dan Cukai. Setelah dila­kukan pemeriksaan kesesuaian kema­san dengan dokumen, vaksin selan­jutnya ditimbun di gudang DHL melalui mekanisme Pindah Lokasi Penimbunan (PLP).

Finari mengatakan asistensi yang diberikan berupa layanan penanganan itu diperuntukkan atas barang dengan karakteristik tertentu sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor 74/PMK.04/2021 tentang Pengeluaran Barang Impor untuk Dipakai dengan Pelayanan Segera (Rush Handling).

“Bea Cukai Soekarno-Hatta juga menerbitkan SKMK, tentang Pembe­basan Bea Masuk, dan Pajak Dalam Rangka Impor (PDRI) terhadap kedua importasi vaksin ini, sebagai implemen­tasi Peraturan Menteri Keuangan no PMK-188/PMK.04/2020,” ungkapnya. Menurut dia, pihaknya akan terus berpartisipasi untuk mendukung peme­rintah dalam mewujudkan program pengamanan stok vaksinasi. (mrk/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top