Close

Lebaran, Sirukam Dairy Farm Dibuka untuk Umum

KUNJUNGAN WISATAWA— Pada libur lebaran cukup banyak antusiasme pengunjung berlibur ke Sirukam Dairy Farm.

SOLOK, METRO–Pariwisata Kabupaten Solok terus menggeliat dengan dihadirkannya des­tinasi wisata edukasi Sirukam Dairy Farm yang berada di Jorong Koto Ting­ga, Nagari Sirukam, Kecamatan Payung Sekaki, Kabupaten Solok dibuka untuk umum pada libur le­baran Idul Fitri, Rabu (4/5).

Sirukam Dairy Farm mencoba menampilkan sa­pi perah, perkebunan ni­lam, penangkaran ayam kukuak balenggek yang merupakan ikon Kabupa­ten Solok, peternakan le­bah, serta dengan memfasilitasi café, mushalla, spot foto dan parkir yang luas.

Sebagai peternakan sa­pi perah terbesar di Suma­tera bagian tengah, Siru­kam Dairy Farm yang selain berfokus pada wisata alam dan edukasi, juga be­kerja sama dengan Kopi Solok Rajo yang sudah lebih dulu mendunia.

Menurut manajemen Sirukam Dairy Farm, di awal-awal hingga 15 hari ke depan pengunjung akan digratiskan masuk. “Saat ini kami belum siap 100 per­sen. Namun dengan semangat libur lebaran, kami mencoba sistem yang ada sekaligus mengenalkan kepada khalayak tentang dairy (red: peternakan susu) di Sumbar,” kata salah satu petugas. “Alhamdulillah, animo pengunjung cukup tinggi dengan bentuk eduwisata khususnya di bidang peternakan. Ke depan juga akan disediakan homestay dan penginapan bagi pe­ngunjung yang datang dari jauh,” ujarnya.

Pengunjung di lokasi mengatakan, takjub dan tidak menyangka bahwa destinasi Sirukam Dairy Farm ini eksis di Kabupa­ten Solok. Mereka berharap lokasi eduwisata ini dapat dimaksimalkan baik manajemen dan fasilitas sehingga dapat menjadi destinasi unggulan di Ka­bu­paten Solok.

Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Pemkab Solok melalui Kabid Promosi dan Pemasaran Fathnaini Aisyah mengatakan, Sirukam Dairy Farm merupakan salah satu destinasi yang dapat dijadikan tempat kunjungan belajar bagi pe­lajar dan mahasiswa.

“Jadi potensi kunju­ngan tidak hanya dari wi­satawan, tetapi dari pelajar dan mahasiswa sehingga tidak hanya masa liburan saja yang akan ramai, saat masa sekolahpun destinasi ini juga ramai,” sebut Fathnaini.(vko) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top