Close

Lebaran, Pemotongan Ternak Diprediksi Meningkat di Agam

Dinas Pertanian Kabupaten Agam memprediksi pemotongan ternak sebanyak 831 ekor pada Idul Fitri 1443 Hijriah.

AGAM, METRO–Dinas Pertanian Kabupaten Agam mem­prediksi pemotongan ternak sebanyak 831 ekor pada Idul Fitri 1443 Hijriah. Kepala Dinas Pertanian Agam melalui Kasi Kesmavet, Iswan Hendri menyebutkan, jumlah ternak yang dipotong pada lebaran tahun ini me­ningkat dibanding tahun lalu. “Tahun lalu pemotongan hanya 785 ekor, kini naik jadi 831 ekor,” terang Iswan.

Menurut Iswan, meningkatnya pemo­tongan ternak lebaran tahun ini dipengaruhi tingginya permintaan masyarakat. Selain itu juga dengan banyaknya perantau yang pulang kampung.

Kecamatan yang melakukan pe­mo­tongan ternak yaitu, Kecamatan Lubuk Basung sebanyak 448 ekor, Tanjung Mutiara 96 ekor, Tanjung Raya 52 ekor dan Matur 16 ekor.

Kemudian Kecamatan Ampek Nagari 101 ekor, Palembayan 91 ekor, Malalak 6 ekor dan Palupuah serta Kamang Magek 21 ekor. “Dalam hal ini Lubuk Basung wilayah yang banyak melakukan pemotongan ternak,” sebut Iswan.

Puncak pemotongan, katanya, akan terjadi H-2 lebaran, meski sebagian masya­rakat ada yang melakukan pemotongan H-1. Sebelum­nya, ternak yang akan dipotong itu diperiksa kesehatannya terlebih dahulu, agar dagingnya betul-betul aman dikonsumsi masyarakat.

Pemotongan ternak di Agam setiap tahun alami peningkatan, bahkan pandemi yang melanda selama dua tahun terakhir ini tidak begitu berpengaruh pada peningkatan jumlah ternak yang dipotong. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top