Menu

Layani Pemudik saat Lebaran, Tenaga Medis Disiapkan di Posko Kesehatan

  Dibaca : 154 kali
Layani Pemudik saat Lebaran, Tenaga Medis Disiapkan di Posko Kesehatan
Ilustrasi

JATI, METRO – Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumbar akan menyediakan tenaga medis di sejumlah posko kesehatan. Hal ini dilakukan untuk memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat dan pemudik yang hendak pulang ke kampung halaman.

”Tetap kita siapkan dengan satu dokter dan dua perawat. Supaya pemudik tetap terlayani apabila ada mereka yang sakit kita obati, siap siaga tinggal datang saja ke posko kesehatan,” kata Kepala Dinkes Sumbar, Merry Yuliesday, Rabu (22/5).

Meski suasana Idul Fitri, kata Merry, untuk pelayanan kesehatan tetap diberikan. Semuanya perlu dipersiapkan sewaktu-waktu bila dibutuhkan masyarakat. Tidak saja tenaga media, sebut dia, bidan juga diminta agar tidak meninggalkan daerah penugasan.

”Soalnya, bisa saja saat lebaran masyarakat dan pemudik butuh pertolongan kesehatan,” ujar Merry.

Terkait posko kesehatan, sebut Merry, tempat-tempat yang menjadi konsentrasi adalah objek wisata. Seperti Pantai Air Manis, Pantai Cimpago, Pantai Muara Padang dan objek lainnya. Posko tersebut beroperasi pada 29 Mei 2019 atau H-7 sampai 10 Juni atau H+7 lebaran.

”Untuk jumlah poskonya kita masih menyesuaikan dengan kabupaten/kota. Karena, kabupaten/kota masih ada yang belum siap rapat koordinasi. Posko kesehatan ini nantinya dilengkapi fasilitas rawat inap untuk mengantisipasi pasien kecelakaan,” ulas Merry.

Untuk tiap puskesmas, sambung Merry, juga ditempatkan dokter. Tujuannya, agar langsung memberikan pertolongan kepada masyarakat yang datang. Saat ini, kata dia, ada 256 puskesmas di Sumbar dan 7 puskesmas di Kota Padang yang melayani rawat jalan.

Selain itu, Merry menjamin, stok obat di setiap puskesmas dan rumah sakit aman hingga lebaran. Obat-obatan dalam kaitan kecelakaan lalu-lintas, saluran pencernaan, dan gangguan kesehatan tersedia dengan jumlah memadai.

”Tidak ada kendala apapun, baik obat, sarana prasarana semua aman, obat stoknya banyak jadi bisa mencukupi sehingga pelayanan kesehatan masyarakat saat lebaran bisa terus dilakukan,” tukas Merry.

Posko Mudik

Sejalan dengan hal tersebut, Dinas Perhubungan (Dishub) Sumbar juga mempersiapkan enam posko mudik untuk mengamankan arus lalu lintas jelang lebaran dan pasca lebaran. Enam posko ini diletakkan di beberapa titik yang rawan kemacetan.

Rinciannya, di Terminal Koto Nan IV di Kota Payakumbuh, Terminal Batusangkar, Terminal Sawahlunto, Terminal Bukit Surungan di Padangpanjang, Kantor Dishub Sumbar di Jalan Raden Saleh Padang, Terminal Sago di Pesisir Selatan.

“Selain enam posko ini, juga akan ada tambahan posko sebanyak 10 posko dari BPTD Wil III, serta 18 posko dari dinas perhubungan kabupaten/kota,” ujar Kepala Dishub Sumbar, Heri Nofiardi.

Selain itu, kata Heri, Dishub juga telah melakukan sejumlah pekerjaan. Pengerjaan yang dilakukan adalah, fasiltas keselamatan seperti pemasangan rambu jalan, patok jalan, marka pembatas jalan, paku marka seluruh kabupaten/kota di Sumbar.

“Pengerjaan ini kita lakukan sebagai langkah untuk persiapan menghadapi arus mudik lebaran,” tutupnya. (mil)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional