Menu

Layani Pasien Covid-19, KPU Siapkan TPS Keliling

  Dibaca : 347 kali
Layani Pasien Covid-19, KPU Siapkan TPS Keliling
EKSPOS KESIAPAN— KPU Padang mengadakan ekspos kesiapan TPS dalam pemungutan suara Pilkada Serentak 2020 di salah satu kafe, Selasa (8/12).

KURANJI, METRO
KPU Kota Padang menjamin, jika protokol kesehatan benar-benar akan dilakukan saat pemungutan suara dalam Pilkada Serentak, Rabu (9/12) ini.

Hal ini disampaikan dalam ekspose KPU Padang bersama awak media di salah satu kafe, Selasa (8/12).

Dalam kegiatan tersebut, Ketua KPU Padang, Riki Eka Putra mengatakan, bahwa pihaknya akan benar-benar menjalankan protokol kesehatan di saat pemilihan berlangsung. Selain itu, KPU Kota Padang juga akan mengadakan layanan TPS keliling.

“Inovasi tersebut dilakukan untuk melayani pasien Covid-19 yang sedang menjalani karantina,” ujar Riki.

Ia menambahkan, petugas TPS terdekat akan membawa kotak suara dan mendatangi lokasi karantina pasien Covid-19. Seperti rumah sakit, panti sosial, dan lainnya. “KPU Padang bersama penyelenggara mengadakan pelayanan khusus. Pelayanan khusus yaitu TPS keliling, petugas yang datang akan menggunakan alat pelindung diri (APD),” katanya.

Kemudian syarat orang yang dilayani TPS keliling terang Riki yaitu, harus terdaftar dalam DPT. Selain itu pasien harus menyiapkan surat pindah memilih minimal H-1.

“Dibuat surat pindah memilih, itu untuk melindungi hak pilih mereka agar terjamin saat hari pemungutan. Nantinya dilayani TPS yang terdekat dengan lokasi karantina,” katanya.

Petugas TPS akan melayani pasien di satu jam terakhir dengan mendatangi langsung tempat pemilih tersebut dirawat. Jika pemilihan dimulai 07.00-13:00 WIB, maka pukul 12.00 WIB petugas harus berada di lokasi pasien.

“Nanti, pasien memilih di tempat yang khusus disediakan di lokasi karantina. Kemudian pemilih dipanggil bergantian untuk mencoblos. Sedangkan untuk pasien selain Covid-19 yang menjalani rawat inap, maka akan ditemui satu per satu di ruangannya oleh petugas,” terangnya.

Riki mengatakan, ada dua jenis pasien terpapar Covid-19. Yaitu, mereka yang dirawat dan yang berstatus orang tanpa gejala (OTG). “Namun pada prinsipnya keduanya harus dilayani sepanjang memenuhi syarat,” katanya.

Dijelaskan, akan menjamin kesehatan dan keselamatan pemilih dalam memberikan suaranya ke TPS. “Saya harap masyarakat bisa menjalankan prokes dengan baik, bila pakai masker, pakailah masker dengan baik, begitupun untuk pelindung wajah,” tutupnya. (heu)

Editor:
Tags
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional