Menu

Layani Para Lansia, Disabilitas dan Orang Sakit Disdukcapil Siap Jemput Bola

  Dibaca : 74 kali
Layani Para Lansia, Disabilitas dan Orang Sakit Disdukcapil Siap Jemput Bola
REKAM DATA— Kadis Dukcapil Muhammad Fadhly saat merekam data lansia sakit.

PADANGPARIAMAN, METRO – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Padangpariaman siap melayani lansia, disabilitas dan orang sakit langsung ke rumah masing-masing.

“Kalau ada masyarakat sakit yang belum terekam data segera laporkan kepada kita. Beritahu kami jika membutuhkan pelayanan ini melalui telp 075193399, WA 08116943000 atau aplikasi tamasya dengan cara download disduskcapilceria mobile,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Padangpariaman Muhammad Fadhly, kemarin.

Sebelumnya, katanya, inovasi dewasa ini sudah menjadi kebutuhan dalam peningkatan kepuasan akan pelayanan dan kemudahan yang dirasakan oleh customer dinas terkait. Inovasi dapat diartikan semua bentuk pembaruan dalam penyelenggaraan pemerintah daerah yang di tetapkan dengan peraturan kepala daerah. Seyogyanya dibutuhkan perhatian dari daerah guna menumbuhkan kesadaran akan pentingnya inovasi tersebut. Persepsi terhadap pengertian dan portofolio dalam pengembangannya perlu disatukan.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Padangpariaman melalui Dinas Bapelitbangda dalam meningkatan inovasi dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Padangpariaman sebagaimana yang diamanatkan oleh PP nomor 28 tahun 2017 tentang Inovasi Daerah maka diadakan Forum Inovasi Daerah Kabupaten Padangpariaman tahun 2018.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menjadi bagian dalam Iga Award sebagai salah satu instansi yang inovasinya di lombakan.

M.Fadhly memaparkan tentang inovasi yang telah dan sedang dilakukan oleh Disdukcapil Padang Pariaman. Inovasi menitik beratkan pada pelayanan yang mudah, murah, dan cepat.

Dalam pengembangan inovasi perlu diperhatikan keterkaitan 3 aspek berikut, diantaranya komitmen, dana dan SDM yang tersedia. Kepala Dinas menambahkan bahwa komitmen merupakan hal utama yang diperlukan, dana diperlukan namun bukan hal utama, serta SDM perlu dikembangkan dengan membuatkan panduan, dan memberikan bimbingan.

“Perlu perhatian khusus dari kepala OPD dan keterlibatan semua pihak terkait dalam pelaksanaan pengembangan inovasi secara konsisten. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil juga memperkenalkan Prisma sebagai inovasi teranyar yang sedang dikembangkan,” tandasnya. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional