Close

Layani Nasabah dan Perantau Berlebaran, Bank Nagari Cabang Utama Siapkan Rp350 M

BERSAMA— Pemimpin Bank Nagari Cabang Utama Irwan Zuldani serta dua wakil pemimpin dan karyawan/karyawati foto bersama. ( ist)

PADANG, METRO – Bank Nagari Cabang Utama Padang menyiapkan uang tunai Rp350 miliar untuk menyambut Idul Fitri 1440 Hijriah. Uang itu akan disebar dalam 79 mesin anjungan tunai mandiri (ATM) – termasuk satu oto banking dan penukaran uang “tagang” untuk nasabah dan warga Kota Padang.

Pemimpin Bank Nagari Cabang Utama Irwan Zuldani, Senin (27/5) menyebutkan, manajemen dan karyawan Bank Nagari siap melayani nasabah atau perantau yang bukan nasabah Bank Nagari sekalipun.

“Uang itu kami siapkan untuk melayani pembayaran gaji ASN, swasta, kebutuhan perusahaan sampai transaksi di pasar-pasar tradisional,” katanya.

Menurut Irwan yang asli Kuranji Padang ini, dana Rp350 miliar itu terhitung sejak awal Ramadhan sampai akhir Lebaran atau saat aktivitas kerja normal kembali. Diperkirakan, uang yang dibutuhkan untuk penukaran uang saja mencapai Rp150 miliar. Jumlah itu bisa terus bertambah tergantung kebutuhan nasabah.

Bank Nagari sendiri, katanya, akan tetap beroperasi secara normal sampai Jumat (31/5). Sedangkan akan buka terbatas pada Sabtu dan Senin (1 dan 3 Juni) untuk melayani pembayaran gaji ASN dan sejenisnya. “Pada Minggu 2 Juni kami tutup. Bank akan buka pelayanan kembali secara normal pada Senin 10 Juni 2019,” kata Irwan Zuldani yang pernah menjadi Pemimpin Cabang Jakarta dan pemimpin beberapa divisi ini.

Irwan memrediksi, puncak penarikan uang oleh nasabah atau bukan nasabah yang menggunakan ATM bersama adalah H-5 Lebaran. Atau sekitar tanggal 31 Mei atau 1 Juni mendatang. Hal itu terlihat dari tahun ke tahun yang telah dipelajari dan direkap oleh pendataan Bank Nagari.

“Kami memastikan, semua pejabat dan staf Bank Nagari siap melayani nasabahnya, termasuk nasabah bank lain. Karena Lebaran banyak nasabah bank lain yang memakai ATM Bank Nagari. Seperti perantau dari luar Sumbar, baik itu dari Riau, Kepri, Jakarta, Bandung, bahkan luar negeri,” katanya.

Irwan menyebut, timnya siap sedia mengisi ATM yang tersebar di seluruh wilayah Kota Padang. Bahkan, ada sekitar 10 titik yang pengisiannya bisa dua sampai tiga kali sehari.

“Satu ATM kalau pecahan Rp50 ribu isinya bisa Rp200 juta. Kalau Rp100 ribu tentu Rp400 juta. Kalau satu ATM diisi sampai tiga kali, uang yang disediakan bisa sampai Rp600 atau Rp1,2 miliar satu ATM,” kata Irwan Zuldani.

Irwan tak menampik, Bank Nagari akan menjadi andalan utama nasabah atau tidak untuk keperluan uang tunai selama libur Lebaran. Pasalnya, Bank Nagari adalah bank milik Pemda yang harus melayani semua masyarakat.

“Kalau ATM bank kita kosong, maka akan ada komplain. Tapi kalau bank lain, mungkin akan adem saja. Padahal, banyak yang menggunakan ATM saat libur Lebaran adalah non-nasabah Bank Nagari,” katanya. (r)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top