Close

Layanan Nagita Dukcapil Padangpariaman Diapresiasi

SAMBUTAN—Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Padangpariaman Muhammad Fadhly berikan sambutan saat sosialisasi layanan Nagita di Pemko Dumai.

PADANGPARIAMAN, METRO–Kepala Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil Padangpariaman  Muhammad Fadhly, kemarin, sosialisasikan layanan Nagita di Pemko Dumai. “Layanan administrasi kependudukan secara online yang dikembangkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padangpariaman sejak Oktober telah memberi inspirasi kepada banyak daerah,” kata Muhammad Fadhly, kemarin.

Katanya, perkembangan layanan Nagari Go Digital (Nagita) menjadi bahasan dalam Rapat Koordinasi Nasional Dukcapil se Indonesia yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencata­tan Sipil Kemendagri telah mendorong banyak Dis­duk­capil untuk melakukan pengembangan layanan on­line.

Dikatakan, Pemerintah Kota Dumai merupakan salah satu Daerah yang memiliki komitmen tinggi untuk peningkatan kualitas pelayanan adaministrasi kependudukan.

Lebih jauh dikatakan, Pemko Dumai melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil melakukan replikasi aplikasi layanan Nagita. Fasilitasi kegiatan ini, dilakukan melalui proses sosialisasi penerapan Dukcapil Go Digital pada Selasa 16 November 2021.

Menurut Fauzi Al Azhar yang ikut bersama Kadisdukcapil Muhammad Fadhly menyatakan sosialisasi dilaksanakan di gedung Wan Dahlan Ibrahim Kota Dumai. Kegiatan dibuka oleh Asisten Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Dumai Muhammad Syafei. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh jajaran Disdukcapil Kota Dumai, tim pendu­kung dari Dinas Kominfo Kota Dumai, Kasi terkait di ting­kat kecamatan dan lurah.

Dalam sambutan pembukaan sosialisasi, Muham­mad Syafei menyampaikan apreasiasi atas dukungan dari Disdukcapil Padang Pariaman dalam mendukung penerapan layanan administrasi kependudukan secara online di Kota Dumai.  “Kami berharap, semua ilmu terkait keberhasilan penerapan layanan online untuk ditularkan kepada tim Disdukcapil Kota Dumai. Lebih lanjut Syafei menyatakan, bahwa penggunaan layanan berbasis teknologi informasi merupakan suatu keharusan dalam semua aspek layanan pemerintahan. Hal ini karena aspek TIK telah menjadi bagian dalam kehidupan masyarakat,” jelasnya.

Dalam kegiatan sosialisasi ini Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padangpariaman Muhammad Fadhly memberikan pemaparan dengan tema transformasi pelayanan publik. Pemaparan dimulai tentang perkembangan layanan Nagita sejak Oktober 2019.

Kesinambungan layanan Nagita sangat didukung oleh manajemen sumber daya manusia Disdukcapil. MSDM layanan harus terintegrasi, tidak terkotak-kotak dalam bidang-bidang yang di internal dinas. (efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top