Menu

Layanan LAPOR Pemko Dinilai Efektif

  Dibaca : 427 kali
Layanan LAPOR Pemko Dinilai Efektif
Layanan LAPOR Pemko Dinilai Efektif

SOLOK, METRO
Aplikasi Layanan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) Pemerintah Kota (Pemko) Solok, merupakan sarana pengaduan online terkait pelayanan publik dan pembangunan. Aplikasi yang dapat digunakan masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dan pengaduannya atas layanan publik dilaksanakan Pemko Solok, dinilai cukup efektif.

Sekretaris Dinas Kominfo Kota Solok, Lusya Adelina mengatakan, untuk menyampaikan aduannya, masyarakat dapat mengakses kanal-kanal aduan LAPOR! melalui website http://solokkota.lapor.go.id, atau melalui aplikasi android SP4N Lapor! yang bisa didownload di Playstore. “Melalui aplikasi ini Pemko Solok juga bisa mendapatkan lebih banyak informasi dari masyarakat tentang apa yang kekurangan, sehingga menjadi lebih banyak lagi masukan dalam pembangunan,” jelas Lusya Adelina.

Selama periode 1 Januari sampai 20 Desember 2020, ada sebanyak 76 laporan yang masuk dari masyarakat melalui aplikasi Layanan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) Pemerintah Kota Solok. Rata-rata lanjutnya, laporan yang masuk itu berupa pengaduan infrastruktur, layanan ruang publik, dan perkembangan penyebaran Covid-19, semua laporan yang masuk telah ditindaklanjuti dengan status selesai.

Untuk laporan yang masuk, bisa dibedakan atas beberapa kategori diantaranya, laporan tentang infrastruktur, layanan air minum, ruang publik, lingkungan hidup, bantuan sosial, energi dan sumber daya alam, administrasi dan laporan mengenai pengendalian perkembangan penyebaran vius Covid-19.

Aplikasi ini diakui Walikota Solok, Zul Elfian juga untuk mewujudkan peningkatan pelayanan publik bagi masyarakat publik di Kota Solok. Dan setiap OPD untuk responsif terhadap segala aduan yang disampaikan oleh masyarakat. Setiap OPD cepat tanggap  dan segera ditindaklanjuti apa yang menjadi poin aduannya.

“Aduan-aduan dari masyarakat harus ditanggapi dengan cepat, itulah fungsinya aplikasi itu, agar pelayanan publik menjadi lebih maksimal, masukan dari masyarakat sangat penting dalam proses pembangunan,” kata Zul Elfian.

Seluruh instansi harus segera memaksimalkan penggunaan teknologi informasi dalam setiap aktifitas Pemerintahan. Penerapan teknologi tidak hanya menjadi formalitas semata.  Dengan pemanfaatan teknologi informasi sebagai pendukung terwujudnya Kota Solok sebagai Smart City, diharapkan kedepannya berbagai persoalan yang ada dapat diselesaikan guna mewujudkan pelayanan publik yang berdampak pada kondisi yang nyaman.

“Saat ini kita berada pada revolusi 4.0, dimana segala sesuatunya bersentuhan langsung dengan dunia internet, dan segala sesuatu bisa dilakukan dengan mudah dengan bantuan teknologi, kita harus manfaatkan perkembangan teknologi,” tutur Zul Elfian. (vko)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional