Menu

Lapek Sarikayo Temani Kunjungan PKK Kalsel

  Dibaca : 485 kali
Lapek Sarikayo Temani Kunjungan PKK Kalsel
SAKSIKAN—Ketua TP PKK Kalimantan Selatan Ny Hj Raudatul Jannah Sahbirin bersama Ketua TP PKK Tanahdatar Ny. Emi Irdinansyah Tarmizi, saksikan kegiatan PKK binaan.

TANAHDATAR, METRO
Rombongan TP PKK Provinsi Kalimantan Selatan nikmati kuliner khas Tanahdatar lapek dan sarikayo, Rabu (26/2) di Gedung Indo Jolito, Batusangkar. Rombongan disambut Ketua Tim Penggerak PKK Tanahdatar Ny. Emi Irdinansyah didampingi Wakil Ketua II TP PKK Provinsi Sumbar Ny.
Elinda Alwis, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Wakil Ketua II Ny. Rina Irwandi.

Rombongan TP PKK ini dipimpin langsung ketua TP PKK Kalsel Ny. Hj. Raudatul Jannah Sahbirin dan turut serta dalam rombongan Ketua TP PKK Kabupaten Tapin, Ketua TP PKK Kabupaten Hulu Sungai Utara, pengurus TP PKK Kota Banjarmasin, Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (TP PKK Kecamatan), Kabupaten Balangan dan Kabupaten Tabalong.

Ny. Raudatul Jannah Sahbirin mengatakan, kunjungan ini merupakan  silaturrahmi dan mempererat tali persaudaraan, sekaligus ingin melihat langsung kerajinan Sulaman Kapalo Samek UP2K (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga) PKK Pelangi Nagari Situmbuak Kecamatan Salimpaung yang menjadi juara I Nasional. “Kami percaya UP2KPKK Nagari Situmbuak Tanahdatar juara I Nasional, namun kami akan lebih percaya lagi jika kami sudah melihat langsung ke daerahnya (Nagari Situmbuak),” ucapnya.

Ny. Raudatul Jannah Sahbirin katakan kalau TP-PKK Kalsel tidak bosan-bosannya untuk belajar demi penguatan kelembagaan, menambah wawasan kader dan pokja mulai dari provinsi hingga ketingkat pemerintahan terendah. Seperti saat ini rombongan TP PKK Kalsel belajar atau studi tiru ke UP2KPKK Pelangi Nagari Situmbuak Kabupaten Tanahdatar.

Sementara itu Ketua TP PKK Tanahdatar Ny. Emi Irdinansyah mengucapkan selamat datang di Tanah Datar pada rombongan dan katakan bahwa keberhasilan UP2KPKK Pelangi Nagari Situmbuak menjadi juara I Nasional itu tak luput dari upaya bersama baik dari provinsi, kabupaten, kecamatan hingga nagari. “Pada tahun 2019 kita juara I Nasional UP2KPKK, tahun yang sama kita juga juara I (Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) tingkat provinsi, “ucapnya.

Ny. Emi Irdinansyah menambahkan jika sulaman kapalo samek merupakan kerajinan menyulam kain dengan tangan yang sudah turun-temurun dan saat ini juga sudah menjadi muatan lokal bagi pelajar Sekolah Dasar di Tanahdatar.

“Selain sulaman ini kita juga punya kain batik seperti batik Pariangan yang diadopsi dari motif-motif naskah kuno, ada 250 lebih motif dan ini juga sebuah karya dari kearifan lokal yang harus dijaga dan dikembangkan,” sebut Emi.

Sebelumnya Bupati Tanah Datar diwakili Kepala Dinas PMDPPKB Tanahdatar Nofenril, mengatakan TP PKK sebagai mitra pemerintah daerah sangat mendukung program-program pembangunan di daerah. “Kita berharap ke depan TP PKK lebih memberikan kontribusi dalam membangun masyarakat dan kelurga, sehingga dapat menunjang percepatan pembangunan diberbagai sektor di daerah,”ucapnya.

Rombongan TP PKK Provinsi Kalsel yang berjumlah 34 orang ini yang sebelumnnya menginap di hotel Emersia Batusangkar tersebut juga berkesempatan mengunjungi gedung promosi daerah dan pusat oleh-oleh untuk berbelanja aneka souvenir dan oleh-oleh khas Tanahdatar.

Mengunjungi Istano Basa Pagaruyung, Nagari Tuo Pariangan, Danau Singkarak dan melihat langsung proses menyulam kapalo samek di UP2KPKK Pelangi Nagari Situmbuak tersebut. (ant)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional