Menu

Lapas Klas IIA Padang jadi Klaster Baru, 40 Narapidana Positif Terinfeksi Covid-19

  Dibaca : 132 kali
Lapas Klas IIA Padang jadi Klaster Baru, 40 Narapidana Positif Terinfeksi Covid-19
Jasman Rizal, Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumbar

PADANG, METRO
Klaster baru penyebaran virus corona atau Covid-19 kembali muncul di Sumbar. Sebanyak 40 narapidana atau warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Klas II A Muara Padang dilaporkan positif terinfeksi Covid-19 berdasarkan hasil tews swab.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumbar Jasman Rizal membenarkan adanya klaster baru narapidana yang positif Covid-19 tersebut. Mereka diketahui positif setelah keluar hasil pemeriksaan swab di Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand yang diumumkan pada Minggu (1/10).

“Bukan Lapas Klas I A ya infonya, tapi Klas II A Muara yang ada positif Covid-19. Untuk itu, saat ini masih dilakukan tracing terhadap mereka yang positif Covid-19 untuk mengantisipasi penyebarannya semakin meluas,” kata Jasman.

Dijelaskan Jasman, pada Senin (2/11) terjadi penambahan 177 orang warga sumbar positif terinfeksi Covid-19, sehingga total kasus positif di Sumbar menjadi 14.937 orang. Sedangkan sembuh bertambah 331 orang dan totalnya menjadi 10.850 orang.

“Untuk pasien positif Covid-19 yang meninggal kembali bertambah empat orang dengan rincian tiga orang dari Kota Padang dan satu orang dari Kabupaten Agam. Total pasien positif Covid-19 yang meninggal kini menjadi 284 orang,” jelas Jasman.

Sementara itu, Pelaksana Harian Lapas Klas II A Padang Novri Abbas mengatakan, sebelumnya telah dilakukan tes PCR atau swab terhadap 46 narapidana yang ada di Lapas tersebut. Untuk sementara yang positif ada 40 orang, sementara yang 5 lain negatif, dan 1 orang invalid.

“Awalnya ada sejumlah warga binaan melapor kehilangan indera penciuman, lalu dilakukan tes usap pada Rabu (28/10) dan hasilnya 40 dinyatakan positif, sedangkan yang lainnya negatif,” kata Novri Abbas, Senin (2/11).

Novri menuturkan, saat ini puluhan narapidana yang positif Covid-19 telah diisolasi di sel khusus yang terdapat di blok B Lapas Muaro. Sedangkan narapidana yang tidak positif dipindah ke blok lain.

“Kita akan terus memantau kondisi dari para warga binaan yang terinfeksi tersebut, dan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan serta instansi terkait. Sejauh ini berdasarkan pengamatan kondisi fisik 40 warga binaan itu dalam keadaan baik, tanpa gejala,” katanya.

Selain puluhan warga binaan, salah seorang pegawai Lapas Padang juga dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. “Pegawai tersebut telah melakukan isolasi secara mandiri,” katanya.

Ia mengatakan selanjutnya pihak Lapas menunggu koordinasi dengan instansi terkait untuk upaya tracking, tracing, serta kembali melakukan tes swab baik terhadap warga binaan ataupun pegawai.

“Saat ini Lapas Muara dihuni sebanyak 908 warga binaan dan pegawai sebanyak 128 orang pegawai. Kami juga terus berkoordinasi dengan Kanwil Kemenkumham Sumbar untuk penanganan peristiwa ini,” tutupnya. (rel/r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional