Menu

Lapangan Usaha Mengalami Pertumbuhan Positif

  Dibaca : 180 kali
Lapangan Usaha Mengalami Pertumbuhan Positif
TINJAU—-Bupati Solok Gusmal ketika meninjau pengerjaan gedung baru di sekretariatan Pemerintah Kabupaten Solok.

SOLOK, METRO
Bupati Solok, Gusmal menilai peningkatan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) cukup menjelaskan pergerakan perekonomian Kabupaten Solok. Sebab PDRB merupakan salah satu perangkat data ekonomi yang dapat digunakan untuk mengevaluasi kinerja pembangunan ekonomi suatu wilayah. Perangkat data ini lanjutnya dapat pula digunakan untuk kepentingan dan tujuan lain, seperti sebagai dasar pengembangan model-model ekonomi dalam rangka menyusun formulasi kebijakan.

Tak hanya itu, sampai akhir tahun 2019 Pemkab Solok telah membangun jalan baru sepanjang 18 km, lalu pemeliharaan rutin dan berkala jalan kabupaten sepanjang 1.771,73 hektar, dan embung sebanyak 4 unit. Gusmal menyebutkan, semua unit aktifitas pembangunan infrastruktur ini adalah sebagai upaya dalam mendorong sector ekonomi kerakyatan hingga memberikan dampak terhadap pertumbuhan ekonomi, pengurangan pengangguran dan dampak tidak langsung lainya. “Yang termasuk dalam empat pilar pembangunan, merupakan program prioritas, termasuk penyokong ekonomi kerakyatan tersebut,” jelas Gusmal.

Untuk pembangunan bidang ekonomi kerakyatan, Kabupaten Solok secara signifikan telah mampu menekan angka pengangguran, di mana tahun 2018 tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten Solok berada di angka 5,92 persen berhasil ditingkatkan menjadi 4,65 persen di tahun 2019.

Dan dalam perwujudan kepemerintahan yang baik dan bersih good and clean governance, pemerintah daerah juga terus mendorong peningkatan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Peningkatan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah dan pelaksanaan reformasi Birokrasi.

Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) pada tahun 2018 adalah 3,14 persen dan telah meningkat menjadi 3,35 persen sampai dengan tahun 2019. Kemudian terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah tahun 2019 memperoleh predikat B dengan nilai 65,80 persen, tahun 2018 memperoleh nilai 62,53 persen.

Selama tahun 2019 Kabupaten Solok mengalami pertumbuhan ekonomi sekitar 5,23 persen, lebih cepat dibandingkan tahun sebelumnya. Kenaikan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) ini murni disebabkan oleh meningkatnya produksi di hampir seluruh lapangan usaha, tidak dipengaruhi inflasi.

Diakui Gusmal pertumbuhan ekonomi tertinggi dicapai oleh lapangan usaha Informasi dan Komunikasi yaitu sebesar 9,57 persen. Dari 17 lapangan usaha ekonomi yang ada, satu mengalami pertumbuhan yang negatif, yaitu industri pengolahan.

Sebelas lapangan usaha mengalami pertumbuhan positif sebesar empat hingga sepuluh persen. Sedangkan empat lapangan usaha lainnya berturut-turut tercatat mengalami pertumbuhan positif namun lebih rendah, yaitu kurang dari tujuh persen.

Sebelas lapangan usaha yang mengalami pertumbuhan positif sebesar empat hingga sepuluh persen tersebut antara lain, lapangan usaha Informasi dan Komunikasi sebesar 9,57 persen, lapangan usaha Penyedian Akomodasi dan Makan Minum sebesar 8,77 persen.

Lapangan usaha konstruksi sebesar 8,76 persen, lapangan usaha Jasa Pendidikan sebesar 8,71 persen, lapangan usaha Jasa Kesehatan dan Kegiatan Sosial sebesar 8,10 persen, lapangan usaha Administrasi Pemerintahan, Pertahanan dan Jaminan Sosial Wajib 7,24 persen.

Lalu, lapangan usaha Industri Pengolahan sebesar 6,20 persen, lapangan Real Estate sebesar 5,76 persen, lapangan usaha Jasa Perusahaan sebesar 5,65 persen, lapangan usaha Pengadaan Air sebesar 5,21 persen, dan lapangan usaha Pertanian, Kehutanan dan Perikanan sebesar 2,60 persen, lapangan usaha Transportasi dan Pergudangan sebesar 4,53 persen.

Sedangkan empat lapangan usaha yang mengalami pertumbuhan positif kurang dari 4 (empat) persen adalah, lapangan usaha Pertambangan dan Penggalian sebesar 2,90 persen Pertanian, Kehutanan dan perikanan sebesar 2,60 persen, lapangan usaha pengadaan listrik dan gas sebesar 2.49 persen, lapangan usaha Jasa Keuangan dan Asuransi sebesar 1,29 persen. (vko)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional