Close

Langgar Prokes dan Perizinan, Kafe Den Hot Digerebek Tim Ditreskrimum Polda Sumbar

DIAMANKAN—Para wanita dan pemilik Kafe Den Hot diamankan di Polda Sumbar untuk menjalani pemeriksaan usai digerebek.

PADANG, METRO–Gara-gara melanggar proto­kol kesehatan (prokes) pence­gahan Covid-19 dan perizinan peredaran minuman keras (mi­ras), Kafe Den Hot di Jalan Samudera, Kecamatan Padang Barat, digerebek Tim Direktorar Reserse Kriminal Umum (Dit­reskrimum) Polda Sumbar.

Dalam penggerebekan itu, petugas sempat me­ngamankan sembilan wa­nita dan pemilik kafe ter­sebut untuk menjalani pe­meriksaan di Mapolda Sum­bar. Akibat per­bua­tannya, Polda Sumbar akan mem­proses hukum pe­mi­lik kafe yang me­lang­gar tersebut alias teran­cam dipidana.

“Penggerebekan dila­kukan pada Sabtu malam (5/6). Dugaan pelangga­rannya adalah perizinan, operasional, peredaran miras dan usaha serta pro­kes pencegahan Covid-19,” kata Direktur Reserse Kriminal Umum (Dir­res­krimum) Polda Sumbar, Kombes Pol Imam Kabut Sariadi, kepada wartawan, Selasa (8/6).

Dijelaskan Kombes Pol Imam, selain dugaan pe­langgaran ini, pemilik kafe juga mempekerjakan se­jumlah wanita, dimana wanita-wanita ini dida­tang­kan dari daerah lain.

“Sembilan wanita sem­pat dimintai keterangan, tapi sudah dipulangkan. Berda­sarkan keterangan dari wanita ini mereka me­ngaku bertugas untuk menemani tamu kafe,” ujar Imam.

Ditambahkan Kombes Pol Imam, selain sembilan wanita ini dimintai kete­rangan, sejumlah pekerja di sana juga dimintai kete­rangan, seperti, manajer, kasir, termasuk juga pe­milik kafe berinisil “DT”.

“Penyidik sudah pe­riksa seluruhnya. Jika ter­bukti bersalah akan di­proses sesuai aturan hu­kum yang berlaku. Infor­masi lebih lanjut akan kami sampaikan nanti,” ung­kapnya.

Ditegaskan Kombes Pol Imam, kafe ini juga telah menjadi target operasi (TO), karena diduga me­langgar aturan terkait pen­cegahan penyebaran Co­vid-19. Apalagi saat ini pandemi Covid-19, dan jumlah kasus positif Covid-19 meningkat di Sumbar.

“Pelaku usaha lain me­ngikuti edaran Wali Kota, tetapi dia (Den Hot Kafe-red)  tidak, jam operasional dibatasi dan beberapa pe­laku usaha mengikuti, dia (Den Hot Kafe-red) tidak, bahkan prokes pun tidak dipatuhi,” ujarnya.

Dengan dilakukannya penindakan ini, Kombes Pol Imam meminta para pela­ku-pelaku usaha lainnya untuk selalu mematuhi aturan yang berlaku, teru­tama di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

“Penindakan ini dalam ra­ngka operasi Yustisi un­tuk mengantisipasi, men­ce­gah peningkatan kasus Covid-19 di Sumbar,” tu­tupnya. (rgr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top