Close

Langgar Prokes, 20 Warga Disanksi Sosial di Kabupaten Agam

SANKSI SOSIAL— Warga yang terjaring operasi yustisi di Pasar Serikat Lasi, Kecamatan Canduang, Selasa (14/9), menjalani hukuman sosial menyapu jalan.

CANDUANG, METRO–Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Agam, mengamankan 20 warga yang melanggar protokol kesehatan saat operasi yustisi di Pasar Serikat Lasi, Kecamatan Canduang, Selasa (14/9).

Sekretaris BPBD Agam, Hardoni mengatakan, kegiatan tersebut dalam rangka menerapkan Pe­raturan Daerah Provinsi Sumbar no 6 Tahun 2020, tentang adaptasi kebiasaan baru dalam mencegah dan mengendalikan Covid-19.

“Kegiatan kami laksanakan di Pasar Serikat Lasi, Kecamatan Canduang, dengan melibatkan Anggota BPBD, Satpol PP Dishub Agam, TNI dan Polri,” ujarnya.

Dikatakan, saat operasi berlangsung, pihaknya mendapati sebanyak 20 warga yang melanggar prokes, dan tidak memakai masker.

“Ke 20 warga tersebut, mendapatkan sanksi administratif, berupa denda dan sanksi sosial yaitu membersihkan fasilitas umum,” ujarnya.

Dijelaskan, dari 20 warga tersebut, 19 orang diantaranya diberikan sanksi sosial, dan 1 warga membayar denda.

“Dengan sanksi tersebut, semoga dapat membe­rikan efek jera bagi masyarakat, dan dapat menum­buhkan kesadarannya untuk mematuhi protokol kesehatan saat melakukan aktifitas di luar rumah,” harapnya.

Sementara itu, persentase kesembuhan Covid-19 di Kabupaten Agam mencapai 94,40 persen pada Selasa (14/9) dengan total 7.276 orang. Jumlah tersebut bertambah sebanyak 9 orang dibandingkan hari sebelumnya.

Kabar baik itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam, dr. Hendri Rusdian. Dikatakan, perkembangan kasus Covid-19 di daerahnya mulai membaik, hal itu disusul dengan makin bertambahnya kasus kesembuhan.

“Kami mencatat sebanyak 9 pasien yang dirawat dan menjalani isolasi akibat Covid-19 sudah dinyatakan sembuh, sehingga total kesembuhan hari ini menjadi 7.276 orang atau 94,40 persen dari jumlah total kasus sejauh ini,” ujarnya.

Mereka yang dinyatakan sudah terbebas dari virus Corona itu tersebar di empat kecamatan. Kesem­buhan terbanyak hari ini di Banuhampu yakni sebanyak 4 orang. Kemudian Ampek Angkek dan Palupuah masing-masing menambah 2 pasien sembuh. Can­duang menambah 1 orang. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top