Menu

Lampu Merah Simpang LO Kembali Mati, DPRD: Segera Lapor ke Polisi

  Dibaca : 193 kali
Lampu Merah Simpang LO Kembali Mati, DPRD: Segera Lapor ke Polisi
Dian Fakri

SAWAHAN, METRO
Seiring terjadi pencurian kabel lampu lalu lintas di beberapa titik di Kota Padang, Anggota DPRD Kota Padang, Jumadi menyarankan Pemko Padang segera melapor ke pihak berwajib. Pasalnya, hal ini sudah masuk ke dalam tindak pidana.

“Kejadiannya sudah berulang kali dan beberapa titik. Ini sudah pencurian, kalau sudah tindak pidana berarti wewenangnya kepolisian menindak. Hendaknya Dinas Perhubungan (Dishub) segera melaporkan kejadian pencurian yang sudah ada beberapa titik tersebut,” ujar Jumadi, Kamis (13/8).

Jumadi menjelaskan, dalam hal ini pihak Dishub tidak ada kesalahan, karena Dishub tersebut tupoksinya penyedia lampu lalu lintas. Jika pada kenyataannya kabel lampunya dicuri maka tindakan selanjutnya pihak yang berwajib menyidik.

“Jika sudah dilaporkan maka bisa pihak kepolisian bisa melacak siapa pelakunya,” imbuhnya.

Sementara ini, pantauan POSMETRO, lampu lalu lintas yang beberapa waktu lalu telah hidup di perempatan di RM Lamun Ombak yang sudah diperbaiki, saat ini kembali mati. Dugaannya masih disebabkan oleh pencurian kabel listrik. Lampu traffic light yang mati tersebut yaitu dari arah Basko Mall menuju Transmart.

Seiring dengan itu, saat ini pihak Dishub juga sedang berusaha memperbaiki lampu lalu lintas yang sedang mati di persimpang Jalan Sawahan yang penyebabnya masih sama yaitu pencurian kabel listrik.

Sementara, itu dikonfirmasi kepada Kepala Dishub Kota Padang, Dian Fakri menyebutkan, sudah pernah melaporkan kepada pihak berwajib soal terjadinya pencurian kabel traffic light ini. Namun, setelah dilapor, menurutnya hal yang harus dilakukan yaitu mengupayakan lampu lalu lintas hidup kembali.

“Kami sudah pernah melapor dan kepolisian sedang dalam proses penyelidikan. Saat ini kami berupaya menghidupkan kembali lampu lalu lintas yang mati. Indikasinya masih sama yaitu kabel dicuri. Karena tidak ada anggaran untuk pengadaan kabel ini, terpaksa kami usahakan dulu menalangi dan mencarikan jalan keluar sementara waktu, supaya lampu lalu lintas bisa hidup kembali,” tandas Dian.

Mari Awasi Bersama
Dian meminta masyarakat untuk bersama-sama bisa mencegah aksi pencurian di Kota Padang. Salah satunya pencurian kabel traffic light yang marak terjadi akhir-akhir ini. “Saya berharap kita bersama-sama peduli terhadap hal-hal yang berpotensi terjadinya tindak kejahatan. Mari kita awasi bersama,” harap Dian.

Dian sendiri sangat menyayangkan terjadi aksi pencurian kabel traffic light tersebut. Sebab tindakan itu membuat arus lalu lintas menjadi tidak beraturan dan dapat membahayakan keselamatan pengendara.

“Kalau ada orang yang memakai rompi Dishub masuk ke gorong-gorong pada tengah malam patut dicurigai. Karena kita tidak pernah menugasi petugas untuk bekerja pada tengah malam,” ucap Dian. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional