Menu

Lakukan Penyemprotan Disinfektan, Polresta Padang Kerahkan Water Canon

  Dibaca : 537 kali
Lakukan Penyemprotan Disinfektan, Polresta Padang Kerahkan Water Canon
PENYEMPROTAN— Polresta Padang melakukan penyemprotan disinfektan di berbagai titik di Kota Padang dengan menggunakan water canon, Selasa (31/3).

M YAMIN, METRO
Satu unit mobil water canon Polresta Padang beserta dua unit mobil armada pemadam kebakaran (Damkar) Kota Padang dikerahkan dalam kegiatan penyemprotan cairan disinfektan, Selasa (31/3). Hal ini dilakukan untuk pencegahan virus corona di seputaran Kota Padang.

Kegiatan tersebut merupakan perintah langsung dari Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) untuk melakukan secara serentak penyemprotan cairan disinfektan di setiap jajaran Polda dan Polres di seluruh Indonesia.

Bagi Polresta Padang sendiri yang bekerjasama dengan Forkopimda Kota Padang terdiri dari Dinas Kesehatan, Damkar, BPBD, Kejari Padang, serta perwakilan dari alim ulama ini, penyemprotan disinfektan ini menyasar lokasi keramaian. Seperti Pasar Raya, masjid, gereja, serta rumah-rumah ibadah lainnya.

Hal ini mendapatkan berbagai reaksi dan tanggapan dari masyarakat yang mengaku kaget dengan adanya iring-iringan tersebut. Diantaranya yaitu Anto (38) seorang penjual sala lauak yang akan memulai dagangan di dekat bundaran air mancur Pasar Raya Padang.

“Saya kira tadi ada apa ramai-ramai anggota polisi datang kesini, ternyata setelah salah seorang anggota polisi mengatakan akan ada penyemprotan cairan disinfektan. Saya langsung memindahkan gerobak dagangan ke lokasi yang agak jauh dari area semprotan mobil,” ujar Anto.

Anto berharap dengan adanya kegiatan penyemprotan cairan pencegah penyebaran Covid-19 ini dapat mengurangi ketakutan masyarakat untuk datang ke tempat-tempat keramaian seperti Pasar Raya.

“Walaupun tidak menghilangkan, setidaknya mengurangi ketakutan masyarakat akan penyeberan virus ini,” ucap Anto.

Senada dengan Anto, Rahmat (28) pengendara sepeda motor yang kebetulan lewat di bundaran air mancur tersebut juga berharap kegiatan dapat dilakukan rutin di lokasi-lokasi yang ramai di kunjungi oleh masyarakat.

“Dari jauh tadi mengira ada kerusuhan yang terjadi disini karena saya melihat mobil water canon yang dikerahkan untuk penyemprotan. Ternyata setelah mendekat baru saya ketahui dari pengeras suara bahwa adanya kegiatan penyemprotan cairan disinfektan. Mudah-mudahan ini mengurangi ketakutan masyarakat terhadap wabah virus corona,” ujar Rahmat.

Kapolresta Padang, Kombespol Yulmar Try Himawan menyebutkan, kegiatan yang dilakukan tersebut sesuai atas instruksi Kapolri melalui surat telegram dari Mabes Polri Nomor 1008 tentang penyemprotan disinfektan secara masif dan serentak di seluruh Indonesia.

“Tujuannya adalah yang pertama tentunya bisa mencegah penyebaran covid-19 di wilayah Kota Padang. Kedua, kita juga mengajak kepada masyarakat Kota Padang untuk bisa bersama untuk tinggal di rumah. Kemudian melaksanakan pembersihan di daerah masing-masing guna mencegah penyebaran virus corona ini. Selanjutnya tentu kita membangkitkan semangat daya lawan kita terhadap penyebaran virus corona ini,” ujar Yulmar.

Dikatakan oleh Yulmar, dalam kegiatan yang berlangsung mulai pukul 09.00 WIB ini, menyasar lokasi yang yang ramai dikunjungi oleh masyarakat seperti fasilitas-fasilitas umum.

“Sepanjang jalur yang dilalui, beberapa tempat yang pertama kita adakan penyemprotan yaitu ada fasilitas umum, ada pasar, tempat-tempat perbelanjaan, sekolah. Serta tempat-tempat ibadah seperti masjid, gereja dan vihara, dan pusat keramaian masyarakat lainnya,” jelas Yulmar.

Terkait dengan pembatasan jam malam yang diterbitkan oleh Walikota Padang ungkapnya, Polresta Padang siap membantu menjalankan instruksi tersebut dengan bekerjasama dengan pihak-pihak yang diperintahkan untuk mengawasi masyarakat.

“Tentu yang di kedepankan nantinya yaitu Satpol PP yang akan mengawasi sehingga masyarakat tidak mempunyai keinginan untuk keluar rumah. Polresta Padang sebagai bagian dari kota Padang akan siap membantu mengingatkan masyarakat untuk tidak keluar rumah, kecuali terhadap tugas-tugas ataupun pekerjaan yang mengharuskan mereka keluar rumah,” tukasnya.

Sementara itu. terkait maklumat Kapolri untuk kegiatan-kegiatan sosial ataupun kemasyarakatan, pihaknya untuk sementara waktu ini melarang kegiatan yang banyak mendatangkan masyarakat tersebut. (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional