Menu

Laksma TNI Hargianto Resmi Bergelar Datuk Bagindo Malano Nan Hitam, Mahyeldi: Pantas, Orangnya Tegas dan Peduli Masyarakat

  Dibaca : 138 kali
Laksma TNI Hargianto Resmi Bergelar Datuk Bagindo Malano Nan Hitam, Mahyeldi: Pantas, Orangnya Tegas dan Peduli Masyarakat
PASANG SALUAK— Prosesi pemasangan saluak oleh gubernur Sumbar Mahyeldi kepada Danlantamal II Laksma TNI Hargianto SE. MM, MSI (Han) Datuak Bagindo Malano Nan Hitam.

PADANG, METRO–Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) II Padang Laksamana Pertama (Laks­ma) TNI Hargianto dilewakan gelar adat Da­tuk  Bagindo Malano Nan Hitam pemangku Pangulu Suku Pisang Nagari Cing­kariang, Kabupaten Agam, Minggu (29/8).

Pelewaan ini ditandai dengan proses pemasa­ngan saluak kepada Laks­ma TNI Hargianto oleh Gubernur Sumbar Mah­yeldi, pemasangan keris  LKAAM Sumbar M Sayuti Rajo Penghulu, penyerahan tongkat oleh Fauzi Bahar Dt  Nan Sati.

Acara Batagak Gala Ka­basaran itu digelar di Masjid Jami Cingkariang, dihadiri juga Bupati Agam Andri Warman, Forko­pim­da Sum­bar, tokoh adat Minang­kabau dan pejabat daerah lainnya, Minggu (29/8).

“Gala Dt  Bagindo Mala­no Nan Hitam yang dibe­rikan kepada Danlantamal II Padang Laksma TNI Har­gianto yang menjadi bagian untuk memperkuat sendi-sendi adat Mi­nang­kabau, khususnya di Na­gari Cing­kariang ini,” kata Gubernur Sumbar, Mah­yeldi.

Mahyeldi menilai Lak­s­ma TNI Hargianto patut diangkat jadi panghulu bergelar Datuk Bagindo Malano Nan Hitam dari Ninik Mamak Nagari Cing­kariang.

“Beliau adalah sosok yang tegas dalam pene­gakan keamanan dan me­miliki kepedulian terhadap masyarakat, untuk itu diap­resiasi dengan penganug­rahan gelar Datuak Bagin­do Malano Nan Hitam dari Ninik Mamak Nagari Cing­kariang,” kata Mahyeldi.

Mahyeldi menyampai­kan, acara sakral ini, seba­gai seorang panghulu atau pemimpin kaum, ini sank­sinya berat, jadi ini harus dilaksanakan dalam me­mimpin kaum dan menun­tun anak kemenakan, ke arah yang lebih baik dan menanamkan pemahaman adat maupun agama.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Sumbar, kami ucap­kan selamat kepada Datuak Bagindo Malano Nan Hitam yang dino­bat­kan sebagai Penghulu dari Ninik Mamak Suku Pisang. Semoga Datuk nantinya bisa mengayomi masyara­kat tidak hanya di Sumbar, tetapi lebih luas masyara­kat Indonesia,” ujarnya.

Sementara, Bupati Agam Andri Warman da­lam kesempatan itu me­ngatakan ucapan syukur, bahwa di daerahnya saat ini memiliki Datuak Pang­hulu dari TNI Angkatan Laut berbintang satu.

“Kami sangat bangga, Danlantamal II Laks­ma TNI Hargianto menjadi Niniak Mamak bagi Nagari Cingkariang. Jika sudah menyandang gelar pang­hulu, sebagai Datuak Ba­gin­do Malano Nan Hitam tentunya mampu menjadi teladan bagi anak keme­nakan dari kaum suku,” sebutnya.

Andri Warman juga me­nyampaikan, penghulu dari dahulunya menjadi suri tauladan bagi ling­kungan disebuah nagari, dimana semua kemanakan belajar dan meminta pe­tunjuk ninik mamak dalam berbagai hal menjalani kehidupan.

“Selamat buat Danlan­tamal, semoga bisa men­jalankan amanah dan men­jadi pemimpin teraju umat dalam membangun Nagari yang Berpancang Amanah Bersauh Marwah,” ujar Andri.

Ketua LKAAM Sumbar M Sayuti mengaku bangga dengan diberikan gelar adat kepada Danlantamal II Padang Laksamana Per­tama TNI Hargianto Datuk Bagindo Malano Nan Hi­tam. Tak mudah menda­patkan gelar adat itu. Orang yang mendapat gelar adat itu sudah jadi pilihan suku.  “Tak  mudah lah,” sebutnya.

Dikatakan M Sayuti, bahwa gelar sangsako adat tersebut merupakan gelar tertinggi kaum suku Pisang yang tak dapat diganggu gugat oleh daerah lain. Lagian orang yang men­dapat gelar adat ini orang yang benar benar peduli dengan Ranah Minang.

“Jadi saya sangat bang­ga sekali terhadap Har­gianto Datuak Bagindo Malano Nan Hitam. Beliau salahsatu satu putra ter­baik kita Minangkabau, meski lama merantau di kampung orang dengan membawa keberhasilan di kampung Nagari Mi­nang­kabau,” sebut M Sayuti. (ped)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional