Hati-hati Pilih Travel Wisata

Jangan mudah tergiur iming-iming service kelas atas dengan harga murah dalam menyiapkan perjalanan, baik wisata biasa atau wisata religi seperti umrah. Untuk kamu para traveler yang ingin menggunakan jasa tour and travel dan tak ingin ditelantarkan oleh pihak agen perjalanan, inilah beberapa tips untuk menghindari penipuan.
1. Lakukan penelitian
Tentu sebelum melakukan perjalanan kamu harus mencari tour and travel yang tepat. Pilih perusahaan yang menyediakan paket perjalanan sesuai dengan keinganmu.
Kamu bisa browsing di internet atau mintalah rekomendasi orang sekitar mengenai travel agent yang terpercaya atau yang pernah digunakan. Dan pilih travel agent yang sesuai spesialisasinya, jika kamu ingin melakukan perjalanan ke Eropa, pilih travel agent yang sering membawa tamu ke Eropa.
2. Agen yang memiliki jaringan luas
Setelah melakukan penelitian, kini saatnya kamu memilih travel agent yang dianggap terpercaya. Pilih agen perjalanan yang sudah memiliki jaringan luas dan memiliki nama dengan reputasi yang baik. Bahkan jika bisa, pilihlah yang sudah masuk ke dalam asosasi agar lebih terjamin kepercayaannya.
3. Jangan percaya iming-iming harga murah dan promo
Memang harga murah, diskon, promo, hingga iming-iming lainnya sering membuat kita tergiur. Walau begitu, kamu tetap harus cermat.
Jangan terbuai dengan penawaran menarik, harga miring, hingga diskon yang diberikan. Lakukan pemeriksaan kembali, cermati harga yang ditawarkan dengan fasilitas yang diberikan. Jika tidak masuk akal, tinggalkanlah.
4. Baca testimonial
Yang ini juga tak kalah wajib untuk kamu lakukan. Sebelum memutuskan untuk membeli paket di sebuah travel agent, sebaiknya kamu membaca testimonial para tamu yang pernah menggunakan jasa agen perjalanan yang dipilih. Bahkan, jika bisa kamu hubungi secara personal dan tanya langsung apa kekurangan dan kelebihannya.
5. Minta itinerary dan pastikan kelengkapan
Jika sudah memutuskan memilih travel agen untuk mengurus perjalananmu, jangan ragu untuk meminta itinerary ke mereka, karena itu adalah hak kamu.
Kemudian, tanyalah do and dont’s-nya selama perjalanan dan tanya pula apa yang kamu tak dapat dapatkan. Misalnya paket perjalanmu belum termasuk tiket masuk ketempat wisata dan sebagainya
Jika sudah mendekati hari perjalanan, jangan lupa untuk follow up kembali dan tanyakan kelengkapan perjalanmu sudah siap atau belum. (*/kpr)

Exit mobile version