Pesona Bukit Burung Surga Dharmasraya, Tawarkan Keindahan Alam dengan Spot Foto yang Menakjubkan

Kabupaten Dhamasraya dikenal juga dengan sebutan Ranah Cati Nan Tigo yang terletak di Provinsi Sumatera Barat. Kabupaten ini dibentuk berdasarkan Undang-undang No. 38 Tahun 2003, hasil pemekaran dari Kabupaten Sijunjung. Secara geografi Kabupaten Dharmasraya berada di ujung tenggara Provinsi Sumatera Barat dengan kontur tanah berupa berbukit, bergelombang, dan datar dengan variasi ketinggian dari 100 m – 1.500 m di atas permukaan laut.
Dengan wilatah yang luas, ternyata Dhamasraya memiliki beragam objek wisata yang patut untuk kamu kunjungi. Salah satu yang paling fenomenal belakangan ini yaitu objek wisata Bukit Burung Surga (BBS) yang berada persis di pinggir Jalan Lintas Sumatera Km 6, Nagari Sungai Kambut, Kecamatan Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya.
Meskipun objek wisata ini baru saja dibuka untuk umum pada pertengan bulan Maret 2019 lalu, namun antusias wisatawan untuk datang ke sini sangat tinggi. Objek wisata yang menaawarkan keindangan perbukitan yang asri, selalu diserbu ribuan pengunjung setiap harinya baik wisatawan lokal maupun dari luar provinsi.
Tingginya antusias wisatawan menikmati objek wisata BBS Dharmasraya diakui oleh owner BBS Dharmasraya, Maryono. Ia mengatakan bahwa objek wisata bermain ini sudah mulai dipadati pengunjung saat bulan Ramadhan, puncaknya pada H+2 hingga hari ini (Minggu-red).
“Tingginya minat pengunjung hadir di BBS ini sudah dimulai selama Ramadhan kemaren, sembari menunggu beduk juga dijadikan tempat buka bersama bagi pengunjung,” ujar Maryono saat ditemui di lokasi.
Ia menjelaskan, objek wisata Bukit Burung Surga atau yang disingkat BBS ini dibangun pada akhir tahun 2018 dan mulai dibuka pada pertengahan Maret lalu. Bukit Burung Surga memiliki lahan lebih kurang 4 hektare dan sudah terbangun lebih kurang 1,5 hektare.
Ia mengungkapkan, adapun fasilitas yang tersedia meliputi rumah kelinci, rumah burung merpati, rumah kecil (rumah kurcaci) yamg disediakan untuk pengunjung melakukan foto dokumentasi keluarga atau biasa disebut berselfie ria.
Maryono mengatakan, didirikannya objek wisata BBS Dharmasraya ini untuk memberikan wahana wisata yang baru dan taman rekreasi serta hiburan keluarga. Karena selama ini belum ada objek wisata alam yang ada di Kabupaten Dharmasraya.
“BBS sengaja dibangun di pinggir jalan Lintas Sumatera agar mudah di akses dan terletak di tempat yang strategis sehingga memberikan kenyamanan bagi setiap pengunjung,” jelas Maryono.
Pada liburan hari raya Idul Fitri ini, sambungnya, ini pertama kali dibuka. Ternyata, diluar dugaaan. Ribuan pengunjung yang berdatangan dari berbagai daerah menikmati lebaran, memadati objek wisata tersebut.
“Alhamdulilah animo pengunjung cukup tinggi ada berbagai daerah yang datang di objek wisata Dharmasraya. Diantaranya dari Muaro Bungo, Jambi dan dari para pemudik dari Pulau Jawa yang sengaja singgah di tempat ini,” ungkapnya.
“Untuk ke depannya lahan yang masih kosong akan kami bangun kapal, seolah kita berada dalam sebuah kapal dan para pengunjung bisa berfoto di atas kapal tersebut,” tambahnya.
Sementara itu salah seorang pengunjung BBS Dharmasraya, Irwan (48) yang berasal dari Rimbo Bujang Tebo, Jambi mengatakan bahwa mengetahui objek wisata BBS ini dari facebook dan instagram.
“Makanya di hari liburan ini kami sengaja mampir ke tempat ini, ternyata tempat ini begitu indah dan susananya cocok sekali untuk wisata keluarga,” jelas Irwan.
Awal masuk saja, sambungnya. sudah disambut dengan susunan bambu yang indah. Berikutnya banyak arena bermain anak-anak, kemudian ada rumah kelinci, rumah burung merpati, dan masih banyak lagi.
“Terkait keamanan dan kenyamanan sangat memuaskan. Kami berharap kedepan pengelola menambah lagi arena bermain untuk anak-anak dan juga spot foto yang lebih menarik. Pertama kali kesini pokoknya sangat berkesan bagi saya,” pungkasnya. (g)

Exit mobile version