UNP Ikuti Kontes Mobil Hemat Energi di Malang

UNIVERSITAS Negeri Padang (UNP) mengirim Team M-Dos UNP menuju Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2019, yang berlangsung di Universitas Negeri Malang pada 24 hingga 28 September mendatang.
Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) diwakili Wakil Rektor 3, Prof Ardipal mengatakan pada kontes tahun ini, UNP mengirimkan satu team yang akan unjuk kebolehan dalam memberikan sumbangan solusi pengembangan teknologi pemanfaatan energi.
“Team yang menjadi duta UNP itu adalah Team M-Dos Teknik, dibawah bimbingan dosen Fakultas Teknik UNP, Rifdarmon, S.Pd, M.PdT. Sedangkan untuk anggota lain ada, Denny Rahmad sebagai Manajer tim, Mhd Ravi Saputra sebagai driver, Dwi Sakti Putra, M Fadhil Zain, Frandika Naury, Adytio Fannoveli, Muhammad Ariqsyah, Rahima Zakia, Tika Junita, Halimatun Sa’adah dan Angger Raja Prakarsa.” terangnya, baru-baru ini.
Lebih lanjut dirinya menjelaskan, KMHE 2019 merupakan sebuah lomba mobil irit tingkat nasional yang diwadahi tiap tahun oleh Belmawa Ristekdikti. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa dari seluruh Universitas/Institut/Politeknik di Indonesia yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh panitia.
“Kemampuan untuk merancang dan membangun kendaraan yang irit, aman, dan ramah lingkungan merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh seluruh peserta dalam kegiatan ini. Peserta dituntut agar mampu menggunakan kreatifitasnya dalam mewujudkan karya nyata berupa kendaraan yang akan dilombakan.” ungkapnya.
Sementara itu, Dosen Pembimbing Rifdarmon, mengatakan KMHE ini  merupakan  kegiatan  rutin  agenda  Ditjen  Belmawa-Kemristek  Dikti  yang  dari  awal  lebih  dikenal  dengan  nama Indonesia  Energy  Marathon Challenge(IEMC).
“Diantar empat team UNP yang ikut seleksi hanya satu team yang dinyatakan lolos seleksi, team itu adalah Team M-Dos UNP turun di kelas prototipe Diesel,” ujar Rifdarmon.
Untuk diketahui, pada KMHE 2018 lalu, UNP selain sukses sebagai penyelenggara terbaik Nasional, team UNP juga berhasil menaiki podium dengan menyabet dua penghargaan sekaligus juara dua pada kelas prototype diesel dan pendatang terbaik pada kategori off the track. (rel/mil)

Exit mobile version