Perkembanganteknologi terasa sejak awal tahun 1970-1980. Semakin bergerak sangat cepat sejak 2010, sehingga membuat sistem komunikasi dan komputer berkembang begitu cepat. Hal inimembuat dunia perindustrian memproduksi teknologi secara besar-besaran.
Perkembangan dunia komunikasi yang begitu pesat menjadi satu sehingga dapat membentuk suatu cabang ilmu yang baru dikenal dengan internet. Internet berasal dari kata interconnected networking,merupakan suatu jaringan yang digunakan untuk membentuk suatu komunikasi yang mendunia atau global.
Di era yang serba digital dan modern saat ini, salah satunya sangat marak game berbasis online. Banyak dipopulerkan kalangan remaja yang masih berada di bangku sekolah. Game online juga mengikuti berkembang zaman begitu pesat.
Game online adalah salah satu game yang berbasis elektronik yang memungkinkan pemainnya tidak hanya bermain dengan orang yang ada di sekelilingnya tetapi bisa bermain dengan orang yang jaraknya jauh. Berkembangnya game online, anak sekolahan lebih sering dan rentan dalam menggunakannya.
Pelajar yang sering main game online, akan menjadi lebih ketagihan atau kecanduan. Ketagihannya dalam bermain game online akan memiliki dampak buruk, terutama dalam segi akademik. Motivasipendidikan mereka menurun. Mereka menyisihkan uang sakunya demi bermain game online berjam-jam.
Banyak di antara mereka melupakan hal-hal lebih penting dan berguna, seperti belajar, beribadah dan kebersamaan dengan keluarga. Di sisi lain, mereka juga melupakan kehidupan sosial yang sebenarnya.
Prestasi belajar siswa merupakan lambang kejayaan seuatu lembaga pendidikan. Prestasi yang dicapai siswa secara utuh haruslah ada dukungan dari orang tua dan para pendidik. Belajar itu sendiri merupakan suatu proses, atau suatu kegiatan yang dilakukan secara sungguh-sungguh untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan.
Dengan belajar siswa dapat mengubah tingkah laku melalui interaksi dengan lingkungan disekitarnya. Motivasi belajar siswa dapat dilihat dari prestasi yang didapat selama belajar serta dari pembinaan karakter yang dimiliki siswa, baik di sekolah maupun berada di lingkungan sekitar tempat tinggal.
Game online merupakan pengaruh yang paling utama dalam kegiatan belajar bagi siswa. Semakin lama bermain game online, akan semakin menyenangkan. Terdapat beragam variasi tipe dalam permain game online seperti perang, perkelahian dan lain sebagainya.
Semakin menariknya sebuah permainan maka akan semakin banyak siswa yang tertarik terhadap game online dari pada belajar. Dampak dari ketagihan game online akan semakin buruk bagi siswa dalam bidang akademik dan dapat menurunkan prestasi siswa yang masih di usia sekolah. (***)
*Penulis adalah Guru PAI SMAN 1 Timpeh, Kabupaten Dharmasraya.