Bakti Sosial Kesehatan, Kapolda Sumbar Disambut Ribuan Masyarakat

Demi mewujudkan pelayanan kesehatan sehingga tercapai derajat kesehatan masyarakat yang optimal, Kepolisian Daerah Sumatera Barat menggelar Bakti sosial kesehatan. Kali ini, kegiatan dilaksanakan di wilayah Kabupaten Pesisir Selatan, tepatnya di kawasan wisata Pantai Carocok, Painan, Provinsi Sumatera Barat, Sabtu (23/11). Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs Fakhrizal, M.Hum, disambut ribuan warga telah menunggu sejak pagi.

Bakti kesehatan yang digelar diantaranya pengobatan gratis, donor darah, pelayanan KB, penyuluhan gigi dan mulut, khitanan massal serta konsultasi kesehatan. Kapolda Sumbar, Irjen Pol Drs Fakhrizal, M.Hum langsung membuka kegiatan dengan dihadiri oleh Bupati Pessel Hendrajoni, Kapolres Pesisir Selatan AKBP Cepi Noval, S.Ik, Dandim Pessel, tokoh masyarakat, Ninik Mamak dan Bundo Kanduang Kabupaten Pessel. Sebanyak 750 anak dari keluarga kurang mampu mengikuti kegiatan khitan massal berkaitan dengan bakti sosial kesehatan yang digelar oleh Polda Sumatera Barat (Sumbar) di Kabupaten Pesisir Selatan. Kegiatan itu dilangsungkan di Kawasan Wisata Pantai Carocok Painan.
Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Drs Fakhrizal mengatakan, bakti sosial diisi dengan layanan pengobatan gratis, donor darah, pelayanan KB, penyuluhan gigi dan mulut, khitanan massal serta konsultasi kesehatan.

Pada kesempatan ini, Polda Sumbar juga mengadakan lomba Dai Cilik dan lomba Rabbana. “Muda-mudahan dengan adanya bakti sosial kesehatan kali ini dapat membantu dan meringankan beban saudara kita yang kurang mampu, dan ini bakal kita adakan di setiap kabupaten di Sumbar,” ungkap Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs Fakhrizal pada awak media saat jumpa pers di Pantai Carocok, Painan.
Kegiatan ini direspon positif oleh masyarakat Pessel. Cukup banyak peserta yang ikut tes kesehatan, donor darah, penyuluhan kesehatan gigi dan mulut dan khitan massal “Banyak anak-anak ikut khitan massal, di mana target kita sebanyak 750 anak. Sementara saat ini sudah hampir seribu yang datang,” ujarnya.
Selain itu, Polda Sumbar juga akan mambantu untuk operasi bagi penderita bibir sumbing.

“Nantinya, kita juga akan membantu operasi gratis bibir sumbing. Untuk tahap pertama kita akan operasi 10 orang. Jika masih ada yang ikut nanti lapor saja ke Polres dan Polsek, nanti akan disampaikan,” ujarnya lagi.
“Semangat Pengabdian Kepada Masyarakat, Mendekatkan Diri Kepada Masyarakat Serta Membantu Masyarakat Yang Membutuhkan Pelayanan Kesehatan” sambungnya.
Lanjut Kapolda, kita semua menyadari bahwa tantangan tugas yang dihadapi polri saat ini dan di masa mendatang akan semakin berat dan kompleks. Sejalan dengan grand strategi Polri tahun 2005-2025, yang tertuang dalam program Promoter Kapolri.

“Dengan kegiatan bakti sosial dan bakti kesehatan nusantara seperti ini, akan membangun sinergi antara Polri dan masyarakat”, jelasnya.
Irjen Pol Fakhrizal menuturkan, masyarakat adalah mitra yang ikut menentukan keberhasilan tugas-tugas Polri di lapangan.
“Melalui momentum kegiatan ini pula, mari kita wujudkan kebersamaan Polri dan masyarakat, semoga Polri semakin dekat dengan masyarakat, semakin dipercaya oleh masyarakat dan akhirnya Polri dicintai oleh masyarakat”, terangnya.
“Kegiatan bakti sosial dan bakti kesehatan nusantara ini diharapkan dapat dirasakan manfaatnya bagi anak-anak kita, keluarga, dan masyarakat, walaupun dalam lingkup kecil namun dapat membantu program pemerintah untuk menciptakan keluarga berkualitas”, pungkas Kapolda.
Dalam kata sambutanya di hadapan Kapolda Sumbar, Bupati Pessel mengapresiasi serta menyambut positif kegiatan Bhakti Sosial Kesehatan.
“ Apa dilaksanakan oleh Bapak Kapolda Sumbar, terus berlanjut terus – menerus kedepanya, jika perlu seluruh jajaran Polres di Polda Sumatera Barat,” harap nya.

Hendrajoni menuturkan, apa dilakukan oleh Kapolda Sumbar akan didukungnya, karena kegiatan seperti ini cukup positif serta sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya di Pesisir Selatan kabupaten Sejuta Pesona. Dalam rangka itu, Pemkab Pessel bersama Kapolres Pessel dan istansi terkait lainya, bersama membangun Kabupaten Pessel lebih baik lagi kedepan.
Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs Fakhrizal, kegiatan Bakti kesehatan yang digelar diantaranya pengobatan gratis, donor darah, pelayanan KB, penyuluhan gigi dan mulut, khitanan massal serta konsultasi kesehatan. Melalui Bakti Kesehatan, Polda Sumatera Barat dan jajaran ingin mewujudkan partisipasi Polri dalam membangun kepercayaan masyarakat yang harus selalu dipertahankan.
Sementara itu Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Cepi Noval, S, Ik mengucapkan terima kasih pada seluruh masyarakat Pesisir Selatan telah antusias mengikuti kegiatan bakti sosial diisi dengan layanan pengobatan gratis, donor darah, pelayanan KB, penyuluhan gigi dan mulut, khitanan massal serta konsultasi kesehatan.
Dikatakan Cepi, Polres Pessel akan terus menjalin sillahturahmi seluruh elemen masyarakat, dengan harapan Polri, khususnya Polres Pessel semakin dicintai masyarakat. Selain itu, juga hadir pejabat utama Polda Sumbar diantaranya Irwasda Kombes Pol Drs. K. Rahmadi, Dirlantas Kombes Pol Nurhandono, Dirpolairud Kombes Pol Soelistijono, Dirintelkam Kombes Pol Heri Prihanto, Kabid Propam Kombes Pol Suranta Pinem, Kabid Humas Kombes Pol Satake Bayu, Kabid TIK AKBP Noortjahyo, Kabiddokkes, Kabid Hukum, Kabid Keu beserta Ketua Bhayangkari Daerah Sumbar Ny. Ade Fakhrizal, berserta Pengurus Bhayangkari Daerah Sumbar. ( rio)

Exit mobile version