Wamen ESDM RI Takjub dengan Kemajuan Kampungnya Relokasi Pasar Secepatnya, Wisata Utamakan Kebersihan

WALI KOTA Pariaman Genius Umar menyampaikan kepada para pedagang di Pasar Pariaman tentang relokasi Pasar Pariaman. Pasalnya, relokasi Pasar Pariaman ini sangat mendesak untuk kenyamanan, keamanan dan ketertiban para pedagang. ”Mumpung sekarang Wakil Menteri ESDM RI Arcandra Tahar adalah putra terbaik Kota Pariaman. Sekarang beliau melihat Pasar Pariaman, karena pasar ini adalah kebanggaan kita bersama,” kata Wali Kota Pariaman H Genius Umar saat meninjau pasar dan Pantai Gandoriah Pariaman bersama Arcandra Tahar, Jumat kemarin.
Kata Genius, pihaknya akan segera menyiapkan proposal relokasi untuk pembangunan Pasar Pariaman ini agar menimbulkan kenyamanan, keamanan dan ketertiban bagi para pedagang dan pembeli. Begitu juga untuk kemajuan Pariwisata Pantai Gandoriah Kota Pariaman, karena beliau Arcandra Tahar sangat mendukungnya.
Sebelumnya, Wali Kota Pariaman Genius Umar menghadiri pemberian paket konversi BBM ke BBG untuk kapal perikanan bagi nelayan kecil yang merupakan program kerja sama Kementerian ESDM dengan Komisi VII DPR-RI yang diserahkan Wakil Menteri Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI Archandra Tahar bersama Anggota DPR-RI daerah pemilihan Sumatera Barat II Mulyadi.
Bantuan ini diserahkan di Pasir Baru Sungai Limau Kabupaten Padangpariaman yang juga disaksikan Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Wakil Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, serta dihadiri CSR Pertamina Sumbar, Forkopimda Sumbar dan Pariaman. Usai penyerahan, Wamen ESDM yang juga merupakan Putra Daerah Asli Naras Kota Pariaman ini berkesempatan juga menaiki Speed Boat yang telah menggunakan Bahan Bakar Gas di kawasan Pasir Baru.
Usai penyerahan, rombongan shalat Jumat di salah satu masjid dekat Pasir Baru dan melanjutkan makan siang di Rumah Makan Pincalang Pauh Kota Pariaman.
Setelah itu, didampingi Walikota Pariaman Genius Umar, Archandra Tahar dan Mulyadi serta Wakil Bupati Padangpariaman Suhatri Bur langsung menelusuri los ke los para pedagang pasar yang berjualan didalam pasar tersebut serta sempat berbincang dengan pedagang pasar yang berjualan kaki lima. Rombongan tersebut juga meninjau kondisi Pasar Pariaman yang keberadaan bangunannya mulai retak dan bahkan ada yang roboh dimakan usia.
Kemudian, rombongan Wamen RI ini di ajak Wako Genius Umar berjalan kaki menuju anjungan Gandoriah yang berada di Kawasan Wisata Pantai Gandoriah Kota Pariaman, serta meninjau Stasiun Kereta Api Kota Pariaman yang terletak di jantung Pasar Kota Pariaman.
Wamen ESDM RI Arcandra Tahar itu sangat takjub melihat perubahan yang sangat drastis di kawasan Pantai Kota Pariaman, karena sungguh sangat berbeda ketika ia dahulu pernah tinggal dan menjadi warga Kota Pariaman.
Archandra pun ikut berfoto di Kawasan Muaro Pantai Gandoriah bersama Genius Umar dan Suhatri Bur, setelah itu berangkat menuju Bandara Internasional Minangkabau untuk kembali ke Jakarta. “Saya akan usahakan secepatnya menyediakan anggaran untuk relokasi pasar ini. Saya akan koordinasi dengan Anggota DPR RI Mulyadi yang ikut dalam rombongan kali ini,” ungkapnya.
Kemudian di Pantai Gandoriah, Arcandra Tahar juga memberikan masukan kepada Walikota Pariaman H Genius Umar tentang perkembangan pariwisata Kota Pariaman.
Salah satunya, kata Arcandra Tahar, persoalan kebersihan sangat utama dalam memajukan dunia pariwisata Kota Pariaman. Mulai dari sungai ( muaro Pariaman ) harus bersih. Sehingga konsep pariwisata Kota Pariaman ini menjadi wisata bersih sehingga bisa menyerupai konsep pariwisata Amerika Serikat. “Kita dari Kementrian ESDM RI siap mendukung konsep pariwisata Kota Pariaman yang demikian. Apalagi saya adalah putra asli Kota Pariaman dan siap mencurahkan semua fikirannya untuk kemajuan Kota Pariaman yang lebih baik ke depannya,” tambahnya. (***)

Exit mobile version