Adat Berkontribusi Positif Bangun Daerah

SOLOK, METRO – Adat diyakini dapat memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan daerah. Sehingga peran tokoh adat sangat dibutuhkan pemerintah daerah dalam untuk menyukseskan berbagai program pembangunan dan menyelesaikan persoalan ditengah tengah masyarakat.
Dan diakui Wakil Wali Kota Solok, Reinier, saat ini, masih banyak permasalahan di masyarakat yang harus diselesaikan secara bersama. Dan kondisi ini sangat perlu dukungan dari tokoh adat.
Untuk itu menurut Reinier, komunikasi dan koordinasi pemerintah daerah dan tokoh adat harus selalu terjaga. Dan melalui berbagai program yang dilahirkan pemerintah daerah, keterlibatan tokoh adat dan masyarakat sangat diperlukan.
“Peran Niniek Mamak dan Bundo Kanduang serta tokoh adat lainnya sangat penting,” ungkap Reinier saat menghadiri panggung pidato adat di Panggung Pidato Adat Ulu Aia Banda Panduang, Kelurahan Tanah Garam, Kota Solok.

Dalam kegiatan yang juga dihadiri Ketua LKAAM Kota Solok H.Rusli Khatib Sulaiman, Ketua GOW Kota Solok Elfia Reinier, Kepala Dinas Pariwisata Kota Solok Hj. Elvi Basri, Lurah Tanah Garam Asril, serta Niniak Mamak yang ada di Kota Solok, melalui kegiatan adat begitu banyak manfaat yang dirasakan dalam mendorong terlaksananya program pemerintah.
Menurut Reinier, selain terkait program pembangunan daerah, peran tokoh adat juga sangat dibutuhkan dalam membantu penanganan berbagai persoalan kenakalan remaja dan narkoba yang bisa dibilang sudah sangat mengkhawatirkan.
Terkait persoalan kenakalan remaja dan penyalahgunaan narkoba, kalangan adat cukup memiliki ruang untuk melakukan berbagai pendekatan secara adat pada anak kemenakan dan generasi muda Kota Solok.

“Melalui ruang-ruang panggung pidato atau kegiatan berbau adat lainnya bisa menjadi salah satu sarana untuk mengingatkan anak dan kemenakan akan bahaya Narkoba dan pergaulan bebas,” sebut Reinier.
Diakui Reinier, persoalan narkoba menjadi satu dari sekian banyak ancaman bagi generasi muda kota Solok. Memang sudah ada lembaga atau institusi terkait yang bekerja menanggulangi hal tersebut, namun belum cukup.
Dalam upaya pencegahan, Kehadiran para bhabinkamtibmas dan babinsa dari unsur Polri dan TNI belum cukup untuk menangkal itu, perlu dukungan semua pihak termasuk Niniek Mamak dan Bundo Kanduang.
“Anak kemenakan kita harus dijaga dari pengaruh narkoba dan perilaku negatif yang bersifat merusak. Jangan sampai kita membiarkan orang luar merusak generasi penerus kita di Kota Solok ini,” ujar Reinier (vko)

Exit mobile version