Tim Wasev TMMD ke-116 Kunjungi Kepulauan Mentawai, Dulu Terisolir, Kini Akses Desa Bukit Pamewa sudah Terbuka

Pimpinan Tim Wasev TMMD ke-116 Brigjen TNI Hamim Tohari MA dan Sekretaris Dinas PMD Sumbar Amriman, SPd. MM bersama Pemkab Kepulauan Mentawai dan Forkopimda.

 

Tim Pengawas dan Evaluasi (Wasev) TNI Ma­nunggal Membangun Desa (TMMD) ke-116 di bawah pimpinan Brigjen TNI Ha­mim Tohari MA, bersama Dinas Pemberdayaan Ma­sya­rakat Desa (PMD) Pro­vinsi Sumatera Barat (Sumbar) diwakili Sekretaris Amriman, SPd. MM dan jajaran, meninjau lokasi TMMD ke-116 di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Rabu (24/5).

Peninjauan untuk monitoring dan evaluasi hasil pelaksanaan TMMD yang su­dah berlangsung dua pekan lebih di Desa Bukit Pamewa, Kecamatan Sipora Utara.

Kedatangan Tim Wasev TMMD ke-116 dan Dinas PMD Provinsi Sumbar disambut Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD ke-116, Kodim 0319/Mentawai, Letkol Inf Suirwan, Pj Bupati Mentawai diwakili Asisten I Setdakab Kepulauan Mentawai, Nurdin, S.Sos.

Juga hadir, Danlanal Ke­pulauan Mentawai, Kapolres Kepulauan Mentawai, Kepala Kantor SAR, Kejari Kepulauan Mentawai dan Kepala OPD Pemkab Kepulauan Mentawai beserta jajaran.

Asisten I Setdakab Kepulauan Mentawai, Nurdin, S.Sos mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Tim Wasev dan Dinas PMD Provinsi Sumbar, atas berlangsungnya kegiatan TMMD di Desa Bukit Pamewa Kecamatan Sipora Utara. Nurdin mengatakan berkat program fisik TMMD saat ini, Kepulauan Mentawai yang sebelumnya terisolir, seka­rang aksesnya sudah terbuka.

Sementara untuk program non fisik, juga mampu membuka dan menambah wawasan masyarakat. “Ka­mi juga berharap kerjasama ini tidak hanya selesai saat TMMD saja. Ke depannya  program pembangunan terus berlanjut,” harapnya.

Dansatgas TMMD ke-116 Kodim 0319/Mentawai, Letkol Inf Suirwan SIP memaparkan progres pelaksanaan kegiatan program TMMD ke-116 di Desa Bukit Pamewa Dusun Berkat Kecamatan Sipora Utara.

Hingga saat ini TMMD sudah berlangsung selama 14 hari sejak dibuka 10 Mei 2023 lalu. Sementara dalam pengerjaannya, sasaran program TMMD dilakukan dengan gotong-royong antara Anggota Satgas TMMD dan elemen masyarakat.

Suirwan juga menyampaikan, program TMMD sa­lah satu kegiatan operasi bhakti TNI secara terpadu dan lintas sektoral oleh TNI, bekerja sama dengan pemerintah daerah (pemda), kepolisian serta komponen masyarakat.

“Program TMMD ini disi­nergikan dan diintegrasikan untuk meningkatkan pembangunan di daerah. Baik fisik maupun non fisik, agar taraf kehidupan masyarakat lebih baik. Juga untuk memantapkan kemanunggalan TNI-rakyat untuk menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang tangguh untuk kepentingan pertahanan wilayah,” ungkap Suirwan.

Tim Wasev TMMD ke-116 Kepulauan Mentawai, Brigjen TNI Hamim Tohari MA, mengungkapkan, kunjungannya bersama Dinas PMD Provinsi Sumbar untuk mengukur dan evaluasi kinerja Satgas TMMD ke-116.

Evaluasi mulai tahap perencanaan, persiapan, pelaksanaan sampai dengan penutupan, serta membantu percepatan pembangu­nan di daerah terisolir yang sulit akses jalan. “Untuk sasaran fisik dan non fisik program TMMD ini, diharapkan dapat mendorong tumbuhnya kreatifitas masya­rakat, mengangkat kualitas kehidupan ke arah lebih baik, maju, sejahtera dan mandiri,” harapnya.

Hamim Tohari juga berpesan untuk terus memelihara hubungan yang sudah terbina baik selama ini. Baik antara TNI dengan Polri, pemda maupun dinas/instansi terkait, aparat desa, tokoh masyarakat dan agama. Sehingga Kemanunggalan TNI-Rakyat semakin tangguh.

Pada kesempatan kunjungannya, rombongan Tim Maves TMMD ke-116 bersama Dinas PMD Provinsi Sum­bar menuju lokasi RTLH di Dusun Berkat dan meninjau lokasi jalan di Dusun Betumonga.

Setelah meninjau lokasi tersebut, rombongan menuju Posko di Bukit Pamewa Kecamatan Sipora Utara. Pada kesempatan itu, Brigjen Hamim Tohari.MA, didampingi Letkol Inf. Suirwan SIP menyerahkan tali asih kepada 10 warga berupa paket sembako.

Sebelumnya, Pembuka­an TMMD ke-116 di Kepulauan Mentawai, Rabu (10/5), dihadiri Komandan Korem (Danrem) 032/Wirabraja Brigjen TNI Rayen Obersyl diwakili Kasiter Kasrem 032/Wirabraja Kolonel Inf Indra Padang, S.Sos dan Dandim 0319/Mentawai dan jajaran.

TMMD ke-116 dibuka oleh Pj Bupati Kepulauan Mentawai Martinus Dahlan di Lapangan Makodim 0319/Mentawai Km9 Tuapejat.

Menjadi Inspektur Upacara Pembukaan TMMD ke-116, Matinus Dahlan menyampaikan, tujuan TMMD ke-116 ini untuk membantu pembangunan perekonomian masyarakat Kepulauan Mentawai.

Kegiatan fisik pada TMMD ke-116 di Kepulauan Mentawai berupa pembukaan jalan sepanjang 6 Km, di Desa Bukit Pamena menuju Desa Betumonga, rehab satu musala, satu gereja dan 10 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Dusun Berkat Kepulauan Mentawai.

Untuk kegiatan non fisik meliputi penyuluhan tentang wawasan kebangsaan, sosialisasi tentang bahaya terorisme, narkoba, hukum, pertanian, peternakan dan sosialisasi tentang penanggulangan bencana. (***)

Exit mobile version