Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Padangpariaman Komitmen Tekan Stunting, OPD dengan Semua Pihak Bahu Membahu Turunkan Stunting

FOTO BERSAMA—Wakil Bupati Padangpariaman Rahmang foto bersama usai acara kemarin.

Laporan: Efanurza Padangpariaman

Pasangan Bupati Padangpariaman Suhatri Bur dan Wakilnya, Rahmang berkomitmen da­lam Kabupaten Padangpariaman secara bertahap stunting harus turun menuju Padangpariaman beraya sesuai dengan visi dan misi daerah. Untuk itu semua pihak harus melakukan kerja sama dalam menekan stunting tersebut dari Kabupaten Pa­dang­pariaman. “Kita Pem­kab Padangpariaman selalu berkomitmen de­mikian,” kata Bupati Pa­dangpariaman Suhatri Bur, kemarin.

Kemudian Wakil Bupati Padangpariaman Rah­mang, kemarin, memaparkan bahwa konvergensi percepatan penurunan stunting terintegrasi bertujuan untuk membantu menyediakan dan mempermudah akses data untuk pengelolaan program penurunan stunting.

“Kita meminta kepada semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungannya melakukan bersama sama dalam pe­nurunan stunting,” kata Wakil Bupati Padangpariaman Rahmang dihadapan para  OPD saat menjadi narasumber dalam pertemuan aksi 6 tim percepatan pencegahan stunting (TPPS) Kabupaten Pa­dang­pariaman.

Kemudian Rahmang yang juga Ketua TPPS Kabupaten Padangpariaman meminta kepada TP­PS kecamatan untuk da­pat membantu pergerakan TPPS kabupaten dalam upaya pencegahan stunting ini. Dia menegaskan, agar pencegahan stunting menjadi program prioritas pemerintah di semua ting­katan.

“Pencegahan stunting adalah upaya bersama lintas OPD, lintas profesi, dan lintas tokoh. Program ini harus menjadi prioritas,” ungkapnya.

Pertemuan aksi 6 sebagai sistem manajemen data ini beragendakan pemetaan sistem pencatatan dan Pelaporan data yang dibutuhkan, identifikasi kesenjangan data, menyusun rencana tindak lanjut perbaikan data, serta melakukan review terhadap perbaikan dan pemanfaatan sistem data.

Pertemuan aksi 6 ini katanya, merupakan kola­borasi seluruh perangkat daerah dilingkungan Pemerintah Kabupaten Pa­dangpariaman dalam u­paya percepatan penanganan stunting. Dibawah koordinasi Bapelitbangda Kabupaten Padangpariaman, pertemuan ini menghadirkan narasumber dari tim tenaga ahli pemba­ngunan daerah Kemendagri.

Selanjutnya, Dis­ko­min­fotik Provinsi Sumbar damn Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Padangpariaman juga menyelenggarakan di­seminasi informasi percepatan penanganan stunting tahun 2022 dengan tema menuju Sumatera Barat zero stunting.

Asisten I Bidang Pemerintahan Rudi Rahmat mengatakan, Pemerintah Daerah telah melakukan berbagai upaya dalam percepatan penurunan stunting. Salah satunya dengan menyusun strategi nasional penanggula­ngan stunting.

Terkait penyelenggaraan intervensi penuru­nan stunting yang terintegrasi, Rudi Rahmat me­ngatakan, hal tersebut merupakan tanggung ja­wab seluruh pihak dan tidak hanya dibebankan kepada satu pihak saja. “Untuk itu, diperlukan u­paya lintas sektor, lintas profesi dan lintas tokoh sebagai pelaksana aksi Integrasi pencegahan stunting ini,” ungkapnya.

Sebelumnya, sebagai bentuk keseriusan Peme­rintah daerah dalam me­nurunkan angka intervensi stunting, Kabupaten Padangpariaman telah membentuk Tim Percepatan Penanganan Stunting (TPPS) yang diketuai langsung oleh Wakil Bupati Padangpariaman Rahmang.

Untuk itu, ia menilai penyebarluasan informasi tentang percepatan penanganan stunting ini perlu dilakukan secara bersama-sama. Hal tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman masyarakat dan dapat melakukan upaya pen­cegahan dini terhadap risiko stunting.

“Makanya, dalam kegiatan diseminasi ini, hadir wali nagari yang menjadi lokus stunting, tokoh ma­syarakat dari ormas, pe­nyuluh KB/agama, Duta GenRe dan cik uniang cik ajo, dan diharapkan dapat membantu pemerintah da­erah dalam menyebarluaskan informasi ini kepada masyarakat,” ungkapnya.

Diseminasi informasi yang berlangsung selama satu hari ini dimoderatori oleh Pranata Humas Muda Diskominfo Padangpariaman Medi Hendra. Ada­pun pemateri dalam kegiatan tersebut kepala Dinas Kesehatan Padangpariaman Aspinudin, Kepala Dinas Kominfo Zahirman, Ketua Kabupaten Sehat Rahmat Tk. Sulaiman, dan Pembina GenRe Nur Oktavia Syamsul.(***)

Exit mobile version