Mental, Fisik dan Disiplin Penting Bagi Anggota Pol PP, Perda harus Diamankan Menuju Padangpariaman Berjaya

ARAHAN—Bupati Padangpariaman Suhatri Bur saat berikan arahan saat MFD Pol PP.

Laporan: Efanurza Padangpariaman

Dalam melaksanakan tugas tugasnya sehari hari semua anggota Polisi Pamong Praja ( Pol PP ) Padangpariaman harus kuat mental,fisil dan disiplin (MFD), sehingga mereka dalam melaksanakan tugas tugasnya berjalan lancar di lingkungan Pemkab Padangpariaman. Tugas tugas anggota Pol PP tersebut sangat komplek karena telah diatur dengan Peraturan Daerah ( perda ) ketertiban di ling­kungan Pemerintah Dae­rah. Makanya, menjelang tutup tahun semua anggota Pol PP Padangpariaman melaksanakan kegiatan MFD.

Melihat  kondisi tersebut Bupati Padangpariaman Suhatri Bur sangat apresiasi kegitan pelatihan Mental, Fisik dan Di­siplin (MFD) antar sesama anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Padangpariaman. “Pelatihaan MFD ini merupakan tindak lanjut dari upaya penegakan disiplin kerja bagi seluruh anggota Satpol PP Kabupaten Padangpariaman,” ungkap Suhatri Bur, kemarin.

Suhatri Bur berharap pelatihan ini personil Satpol PP Kabupaten Padang­pariaman dapat memperbaiki sikap mental dan kesigapan personil dalam menjalankan tugas, se­hingga dapat menghasilkan praja wibawa yang profesional dan berkarakter dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai anggota Satpol PP,” tutur­nya

Lebih lanjut Bupati Suhatri Bur menekankan, sebagai garda terdepan da­lam menegakan dan menjaga Peraturan Daerah (Perda), diharapkan Satpol PP memiliki sifat tanggung jawab dan disiplin dalam melaksanakan tugasnya serta mengetahui tupoksi masing-masing anggota. “Ia juga berharap kepada Satpol PP Kabupaten Pa­dangpariaman memiliki rasa solidaritas kepada sesama personil, dedikasi terhadap pekerjaan dan loyalitas kepada pimpinan, sehingga apa yang kita harapkan dapat tercapai yaitu mewujudkan visi dan misi Padang Pariaman yaitu “mewujudkan Kabupaten Padangpariaman berjaya,” ungkap­nya.

Sementara itu, Kepala Dinas Satpol PP dan Dam­kar Padangpariaman Syaf­rion mengatakan ke­giatan ini bertujuan unutk melakukan latihan fisik dan mental para anggota. Kegiatan baris berbaris juga bertujuan agar setiap personil Satpol PP selalu mengingat pengetahun dasar khususnya tentang peraturan Baris Berbaris (PBB).  “Karena dengan memahami betul PBB se­kaligus akan tertanam semangat disiplin, kebersamaan dan loyalitas,” ujar­nya.

Tujuan katanya agar seluruh anggota Satpol PP Padangpariaman mempunyai mental dan fisik yang kuat untuk menjalankan tugas setiap harinya da­lam menjaga ketentraman dan ketertiban u­mum, menegakan Peraturan Daerah dan perlindu­ngan masyarakat.

Semua itu dilakukan katanya, untuk mening­katkan kedisiplinan, kekompakan dan solidaritas serta jiwa korsa antar sesama angggota, Satuan Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Padangpariaman.

Pelatihan yang digelar di halaman kantor bupati ini, berlangsung selama 6 hari melibatkan sedikitnya 162 anggota Satpol PP Padangpariaman yang terdiri dari 6 kompi dan dibagi menjadi 2 pleton yang setiap pletonnya mendapatkan 2 hari pelatihan. “Jika latihan mental fisik dan disiplin sangat penting bagi anggota Satpol PP,agar dalam melaksanakan tugasnya selalu disiplin,” ujarnya.

Jadi katanya, dengan adanya pembekalan mental fisik dan disiplin ini nantinya para anggota satpol pp bisa melaksanakan tugas dengan penuh disiplin dan memiliki etika yang baik serta memberikan kenyamanan kepada seluruh masyarakat.

Lebih lanjut Syafrion menyebutkan jika petugas Satpol PP tidak hanya memiliki tugas sebagai penegak Peraturan Daerah (Perda) namun, mereka juga memiliki tugas dan tanggung jawab di beberapa tempat yang mengharuskan mereka memiliki etika di tempat kerja­nya. “Seperti halnya petugas yang ada di pos piket Kantor Bupati, di Rumah Dinas Bupati, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah serta di Pos Pantau dan sebagai­nya. Tentu saja, mereka juga dibekali dengan etika dalam tata cara dalam menerima maupun menolak tamu yang datang,” ujarnya mengakhiri.(***)

Exit mobile version