Posyandu Miliki Peran Penting, Perluas Akses Pelayanan KB dan Kendalikan Pertumbuhan Penduduk

SAMBUT—Tim Penilai Lomba Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat yang dipimpin oleh Quartita Evari Hamdiana, SKM,MM ke Kota Solok disambut langsung oleh Wakil Wali Kota Solok Ramadhani Kirana Putra.

Posyandu telah berpe­ran penting dalam memperluas dan mendekatkan akses pelayanan Keluarga Berencana (KB). Selain itu juga terbukti mampu menjalankan fungsi pengendalian pertumbuhan penduduk dan memelihara kesehatan reproduksi. “Posyandu juga diharapkan dapat menjadi wadah pendorong ekonomi keluarga dengan tujuan agar nantinya masya­rakat dapat dengan mudah memperoleh hak-hak dasarnya. Khu­susnya hak mendapatkan pelayanan kesehatan,” Wakil Wali Kota Solok, Ramadhani saat menyambut tim penilai posyandu tingkat Sumbar.

Dengan peran tersebut, lanjutnya posyandu tampil sebagai wadah pelayanan kesehatan dasar berbasis swadaya masyarakat, sekaligus refleksi dari tradisi gotong royong yang sudah menjadi akar budaya masyarakat.

Tim Penilai Lomba Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat mela­kukan kunjungan dalam rangka penilaian lapangan ke Posyandu Serunai 4 Kelurahan VI Suku. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari Ekpose Temu Kader Posyandu Berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022 pada tanggal 30 sampai dengan 31 Mei 2022 yang menetapkan kader Posyandu Serunai 4 Kelurahan VI Suku Yunila Andini masuk nominasi 5 (lima) besar kategori Kota di Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022.

Kedatangan Tim Penilai Lomba Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Provinsi Su­matera Barat yang dipimpin oleh Quartita Evari Hamdiana, SKM,MM ke Kota Solok disambut langsung oleh Wakil Wali Kota Solok Ramadhani Kirana Putra.

Dalam sambutannya, Ramadhani mengucapkan selamat datang kepada rombo­ngan Tim Penilai Kader Posyandu Berprestasi tingkat Sumatera Barat di Kota Solok.

Wakil Ketua TP. PKK Kota Solok Ny. Dona Ramadhani yang turut hadir pada kesempatan ini mengatakan Posyan­du merupakan bentuk upaya kesehatan bersumber daya masyarakat yang keberadaannya dikelola dari oleh serta untuk masyarakat.  Tentunya dalam rangka membantu pe­nyelenggaraan pembangunan kesehatan guna memberda­yakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mempe­roleh pelayanan kesehatan dasar untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi. “Saya berharap me­lalui penilaian dapat memotivasi Kader Posyandu agar dapat meningkatkan kinerja di Posyandu,” tutur Dona Ramadhani.

Dirinya juga menyampaikan harapannya kepada tim untuk berkenan memberikan penilaian yang terbaik kepada kader Kota Solok. “Kami berharap penilaian berjalan de­ngan baik dan lancar,” tutup­nya. Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua LKAAM, Ketua KAN, Ketua Bundo Kanduang, Camat, Lurah, Kadinkes Kota Solok, dan OPD terkait serta jajaran TP. PKK Kota Solok beserta Kader (vko)

Exit mobile version