Tingkatkan Kompetensi Guru, Pemko dan Ruangguru Lanjutkan Program ITF

H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano

Peningkatan kompetensi guru yang signifikan lewat Program Bea­siswa Pelatihan dan Pembinaan Guru, Indonesia Teaching Fellowship (ITF) fase I tahun 2019 dan fase II tahun 2021, Pemko dan Ruangguru sepakat melanjutkan kesuksesannya pada fase III tahun 2023, penganggaran tahun 2022.

Wali Kota, H. Fadly Amran, Kamis (14/7) me­nyampaikan, Pemko me­ngapresiasi kerja sama dengan Ruangguru yang terbukti mampu mening­katkan kompetensi guru lewat program ITF.

“ITF fase I dan fase II terbukti memberikan dam­pak yang signifikan terhadap kompetensi gu­ru. Pemko melihat ini perlu dilanjutkan. Sehingga kita anggarkan kembali tahun 2022, agar bisa terlaksana pada fase III ta­hun 2023,” ujarnya seraya menuturkan hal ini merupakan komitmen Pemko melahirkan guru yang berkualitas.

Key Account Manager West Indonesia Ruangguru, Ismail mengatakan program pelatihan ITF Fase II selama 7 bulan, Mei-Desember 2021 lalu berhasil melahirkan guru berdampak, sebagai peer-tutor dan penggerak komunitas guru. Diikuti sebanyak 70 guru.

Dijelaskannya, hasil Try Out (TO) Program ITF ta­hun 2021 memperlihatkan peningkatan kapasitas gu­ru sebesar 71per­sen. Ini tercatat secara khusus pada Annual Impact Report Ruangguru 2021. “Nilai TO Uji kompetensi Guru (UKG) tes awal 38,3 menjadi 65,6. Melewati Standar Uji (UKG) Nasio­nal 2015 yakni 55,” ujar­nya.

Begitu juga dengan ITF fase I tahun 2019. ITF fase I diikuti 103 pendidik dan berhasil meningkatkan kompetensi guru sebesar 53 persen.

Peningkatan ini diukur dari rata-rata nilai Try Out Uji Kompetensi Guru (TO UKG), dengan peningkatan skor sebesar 21,93 poin dibandingkan sebelum mengikuti program ITF. “Sebelum ITF Padang Panjang fase I dilaksanakan, hanya 2,67 persen guru yang berhasil memperoleh nilai TO UKG di atas rata-rata nasional,” jelasnya.

Adapun ITF tahun 2023 berlangsung dari Januari hingga Desember. Diikuti 100 orang guru yang melewati tahapan seleksi. (rmd)

Exit mobile version