Tim Dosen UPI YPTK Padang Gelar Pengabdian Kepada Masyarakat, Santri Rahmatan Lil Alamin International Boarding School Dibekali Ilmu TI dan Manajemen

KEGIATAN—Tim Dr. Yuhandri S.Kom., M.Kom sebagai Ketua, Agung Ramadhanu S.Kom., M.Kom, MTA dan Hadi Syahputra S.Kom., M.Kom sebagai anggota dalam Bidang Teknologi Informasi melakukan kegiatan yang bertemakan : “Pengenalan Teknologi Pengolahan Citra Digital (DigitalImageProcessing) untuk Santri di Rahmatan Lil’Alamin International Islamic Boarding School.

Guna mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Civitas Akademika Univer­sitas Putra Indonesia (UPI) YPTK Pa­dang melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), Sabtu (28/5) di Rahmatan Lil Ala­min International Islamic Boarding SchooL (RLA-IIBS),­ Jalan Talago Pipik Data Bungo, Aripan, X Koto Sing­karak, Solok.

Maksud PKM ini untuk menyelaraskan dan mendukung Visi dan Misi dari RLA-IIBS dalam upaya menghasilkan lulusan santri yang menguasai ilmu di bidang Teknologi Informasi (TI) dan Manajemen.

Dekan Fakultas Ilmu Komputer Dr. Yuhandri S.Kom., M.Kom sangat mendukung kegiatan Tim Dosen Civitas Akademika UPI YPTK Padang ini. Karena berkonstribusi pada bidang ilmu teknologi informasi untuk santri RLA-IIBS. Melalui PKM ini, Santri RLA-IIBS agar dapat memanfaatkan teknologi dengan baik dan benar serta mampu bersaing di era Smart Society 5.0.

PKM melibatkan beberapa tim: Sitti Rizki Mulyani, SE, MM, sebagai Ketua, Selvi Yona Sari, SE, MM dan Nia Nadilla, SE, MM sebagai Anggota. Tema yang diangkat “Kebiasaan Bernegosiasi, Saling Percaya dan Saling Memotivasi untuk Menciptakan Suasana Aman dan Damai”.

Selanjutnya tim Dr. Yuhandri S.Kom., M.Kom sebagai Ketua, Agung Ramadhanu S.Kom., M.Kom, MTA dan Hadi Syahputra S.Kom., M.Kom sebagai Anggota dalam Bidang Teknologi Informasi melakukan kegiatan yang bertemakan: “Pengenalan Teknologi Pengolahan Citra Digital (Digital Image Processing) untuk Santri di RLA-IIBS”.

Dr. Hanna Pratiwi, SE,MM, sebagai Ketua, Desi Permata Sari, SE, MM, Agam Mei Yudha,­ SE, MM sebanagi Anggota, dengan tema “ Pengenalan Pajak Dalam Persepektif Hukum Eko­nomi Syariah.  Pra­dani Ayu Wi­dya Purnama,­S.Kom,­ M.Kom, sebagai Ketua, Dr. Ir. Sumijan, M.Sc dan Dodi Suryadi, SE, MM sebagai Anggota, mengangkat tema yang berjudul “ Edukasi Sistem Informasi Manajemen Dalam Dunia Pendidikan Usia Dini”.

Sofika Enggari, S.Kom, M.Kom, selaku Ketua, Halifia Hendri, S.Pd., M.Kom, S.Kom,M.Kom dan Rahmatul Husna Arsyah, S.Pd, M.Pd.T sebagai Anggota, mengangkat tema berjudul “Sosialisasi Penggunaan E-Learning Sebagai Media Belajar”.Muhammad Reza Putra, S.Kom, M.Kom sebagai Ketua, Raja Ayu Mahessya, S.Kom,M.Kom dan Devia Kartika, S.Kom, M.Kom sebagai Anggota, yang bertemakan “Belajar Membuat E-Book Dengan Memanfaatkan Aplikasi Multimedia”.

Rio Andhika Putra, SE, MM sebagai Ketua, Ramdani Bayu Putra, SE, MM dan Hasmaynelis Fitri, SE, M.PdE sebagai Anggota, yang mengangkat judul “Pengembangan SDM Dalam Menghadapi Transformasi Digital”. Mardison S.Kom., M.Kom sebagai Ketua, Rahmad Hidayat, S.Kom., M.Kom dan Romi Wijaya S.Kom., M.Kom sebagai Anggota dengan memberikan materi “Pengenalan Dasar Jaringan Komputer”.

Larissa Naviarani, S.Kom, M.Kom sebagai Ketua, Syafri Arlis, S.Kom, M.Kom dan Rofil M Nur, S.Kom, M.Kom sebagai Anggota, mengangkat judul “Pengenalan Web Disain Santri RLA-IIBS”.

Riandana Afira, S.Kom, M.Kom, sebagai Ketua, Nadya Alinda Rahmi, S.Kom, M.Kom dan Ilmawati, S.Kom., M.Kom sebagai Anggota yang mengangkat tema dengan judul “Media Pembelajaran Interaktif ”.

Nanda Tommy Wirawan S.Kom., M.Kom, Risa Nadia Ernes S.Kom., M.Kom dan Defnizal S.Kom., M.Kom yang bertemakan : “Pengenalan Dasar Teknologi Robotik PadaSantri Pesantren RLA-IIBS”.

Dilanjutkan dengan materi ilmu Desain Komunikasi Visual tentang “Multimedia Interaktif” diketuai oleh Vernanda Em Afdhal, S.Ds., M.Sn., dengan Anggota M. Sayuti, S.Ds., M.Sn.dan Stefvany, S.Ds., M.Sn.  PKM ini diharapkan meningkatkan iklim akademik yang kreatif, inovatif, visioner, solutif serta mandiri. Melalui kegiatan pengabdian ini, Tim Dosen UPI YPTK mampu memberi warna baru bagi Santri RLA-IIBS terkait transformasi teknologi multimedia yang interaktif serta manajemen sumberdaya dalam rangka melakukan pengembangan diri menyongsong era society 5.0.(**)

Exit mobile version