Perjalanan Penjuang Kemanusian ke Lokasi Musibah Gempa Bumi di Pasaman, Bupati Disambut Bupati, Antarkan Bantuan Untuk Korban Gempa Bumi

BANTUAN—Bupati Suhatri Bur bersama Bupati Benni Utama saat antarkan bantuan.

Laporan: Efanurza Padangpariaman

Pemkab Padangpariaman sangat peduli dengan korban musibah gempa di Pasaman. Atas dasar itulah Selasa kemarin, dari pagi menjelang siang hari rombongan Bupati Pa­dang­pariaman Suhatri Bur bersama jajarannya berangkat ke Pasaman. Pertama rombongan Bupati Suhatri Bur berangkat ke Kabupaten Pasaman Ba­rat terus ke Pasaman Ti­mur. Rombongan tersebut dari pagi hari telah bersiap untuk berangkat mengantar bantuan bencana gem­pa untuk dua daerah yang ditimpa musibah.  Namun Bupati Suhatri Bur diawali dengan rapat koordinasi di ruang rapat Sekretariat Daerah  untuk berangkat. Saat itu Bupati Suhatri Bur didampingi Wabup Rahmang dan Sekretaris Daerah Rudy R Rilis bersama tim yang akan langsung berangkat. Me­reka sepakati titik star dari halaman Kantor Bupati di kawasan Ibu Kota Kabupaten (IKK) Nagari Paritmalintang Kecamatan E­nam Lingkung menuju Ka­bupaten Pasaman Barat. Dari sana menuju Kabupaten Pasaman Timur.

Bupati Padangpariaman Suhatri Bur didam­pingi Asisten II Zainil, Asisten III Fakhriati, dan Kepala Perangkat Daerah, Kepala Bagian dilingkungan Sekretariat Daerah, serta pejabat dan ASN dari OPD terkait berangkat dengan kendaraan ma­sing masing. Bupati dan rombongan membawa bantuan berupa uang tu­nai berjumlah 220 juta dan selimut untuk kebutuhan para korban gempa Pasaman Barat dan Pasaman tahun 2021 yang lalu.  Kendaraan Dinas BA 1 F yang ditumpangi Bupati Suhatri Bur beserta kendaraan dinas perangkat daerah yang tergabung di dalam tim, di pandu oleh mobil patroli dan Pengawalan (Patwal) dari Polisi Resort (Polres) dan Dinas Perhubungan Padangpariaman bergerak menuju Pa­saman Barat.

Meski ditengah hujan yang mengguyur, tepat pukul 13.00 WIB, Bupati Suhatri Bur dan rombo­ngan memasuki kawasan Simpang Empat Pasaman Barat. Mobil Patwal langsung memandu untuk memasuki halaman Pendopo Bupati Pasaman Barat. Rombongan disambut lang­sung oleh Bupati Ham­suardi yang didampingi Wakilnya Risnawanto.

Diawali dengan mencicipi hidangan yang telah disediakan dan sholat Zuhur. Silaturrahim dilanjutkan dengan pertemuan yang dihadiri oleh Bupati Padangpariaman bersama rombongan dan Bupati Pasaman Barat yang di­dampingi Wabup Risna­wanto. Pertemuan yang berlansung secara kekeluargaan ini dipandu oleh Sekda Pasaman Barat Hen­dra Putra. Dan juga dihadiri oleh Kepala OPD dan pejabat terkait di­lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat.

Bupati Pasaman Barat Hamsuardi menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan Bupati Padangpariaman dan rom­bongan. Dia merasa terharu atas bentuk ke­pedulian yang ditunjukan masyarakat Padangpariaman kepada masyarakat Pasaman Barat terutama para korban bencana gem­pa tahun lalu. “Terima kasih atas kunjungan Bupati Padangpariaman Suhatri Bur dan rombongan, juga terima kasih atas kepedulian masyarakat Padangpariaman kepada masyarakat Pasaman Ba­rat,” ujarnya.

Dia berharap, wujud kepedulian ini bisa mempererat tali persaudaraan antara kedua masyarakat dan pemerintah daerah. “Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih kepada Mak Aciak dan rombongan, kok ndak bisa diterima jo telapak tangan jo nyiru kami tampuang,” ungkap Hamsuardi yang juga ketua DPD PAN Pasaman Barat ini. Bupati Hamsuardi juga menambahkan bahwa persaha­batan bukan hanya dalam suasana berduka, di lain kesempatan masih ba­nyak informasi-informasi yang bisa bersama. Makanya dia berharap, apa-apa yang ada di Padangpariaman juga ada di Pasaman Barat. “Kami juga mengundang kawan-ka­wan di lain kesempatan untuk dapat berbagi informasi,” ungkapnya.

Sementara Bupati Pa­dangpariaman Suhatri Bur juga mengucapkan terima kasih atas sambutan Bupati Pasaman Barat.  Dia sangat memuji kerja Bupati Hamsuardi beserta jajaran dalam manajemen bencana dan cara penanganan masalah di saat bencana maupun pasca bencana. “Terima kasih sambutan uda, kami memuji cara penanganan masalah bencana sampai-sampai rumah dinas dan kantor Bupati menjadi tempat pengungsian masyarakat yang terkena gempa,” ujar Suhatri Bur.

Suhatri Bur menambahkan bahwa kunjungan silaturrahimnya saat ini adalah kelanjutan kunju­ngan sebelumnya yang juga telah beberapa kali dilakukan dalam menya­lurkan bantuan saat tanggap darurat dan pasca tanggap darurat.  Dia me­nyebut bantuan tersebut adalah donasi dari ma­syarakat Padangpariaman termasuk ASN, dikumpulkan dan dikoordinir oleh Bagian Kesra. “Ini bukan APBD, tapi murni keikhlasan dari ma­syarakat Padangpariaman terkusus ASN di ling­kungan Pemkab Padangpariaman,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Suhatri Bur juga memperkenalkan kepala OPD dan pejabat lainya yang ikut mendampingi­nya kepada Bupati Pasaman Barat.  Kemudian kunjungan silaturrahim ini diakhiri dengan penyerahan bantuan berupa uang tunai Rp110 juta rupiah dan selimut 40 helai yang diserahkan oleh Bupati Padangpariaman Suhatri Bur dan diterima langsung oleh Bupati Pasaman Barat Hamsuardi. Usai diterima secara resmi oleh Bupati Pasaman Barat, rombongan melanjutkan perjalanan menuju Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman via Malapah, sesuai rekomendasi Bupati Hamsuardi.  “Dikuatirkan karena masih dalam cuaca hujan, akan ada jalan longsor jika lewat Talu,” kata­nya sambil melepas rombongan Bupati Padangpariaman menuju Pasaman. Selama perjalanan, Bupati dan rombongan menyaksikan dampak gun­cangan gempa dari reruntuhan bangunan-bangunan perkantoran maupun rumah warga.

Terselip rasa haru dari sanubari masing-masing penumpang mobil yang beriringan, termasuk dari penumpang mobil dinas BA 40 F yang ditumpangi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Padangpariaman Zahirman di­dampingi Medi Hendra Pranata Humasnya dengan juru selamat Dedi Mulyadi. Sepintas terlihat aktifitas masyarakat su­dah normal, meskipun diantara mereka masih harus tinggal di hunian sementara (Huntara) yang dibangun pemerintah setempat ataupun donasi pihak lainya karena rumah mereka tidak da­pat ditempati lagi.

Setelah dua jam perjalanan, menempuh me­dan yang cukup unik dan asik, Bupati dan rombo­ngan yang masih di pandu mobil Patwal sampai di Lubuk Sikaping Pasaman tepat pukul 17.00 WIB. Se­tibanya di Kantor Kantor Bupati Pasaman, kehadiran rombongan Bupati Suhatri Bur disambut hangat oleh Bupati Pasaman Ti­mur Benny Utama yang didampingi Sekda Mara Ondak.

Dia menyampaikan, bahwa atas nama peme­rintah daerah dan ma­syarakat Padangpariaman dia datang lagi ber­kunjung ke Pasaman. “Kedatangan kami kembali mengantar bantuan dan donasi dari masyarakat dan Pemerintah Kabupa­ten Padangpariaman,” ucap Suhatri Bur yang ke­tua DPD PAN Padangpariaman ini. Suhatri Bur menyampaikan bencana itu tidak bisa ditolak namun semua umatNYA harus tetap berikhtiar untuk me­lakukan tindakan pencegahan dari dini. Dan dia berharap serta mendoakan semoga masyarakat Padangpariaman dan Pa­saman kedepan terhindar dari segala bencana. “Mes­kipun kita tidak bisa menolak bencana, namun kita wajib berikhtiar me­lakukan upaya pencega­han dari dini, salah satu jalannya a­dalah memberikan edukasi kebencanaan kepada masyarakat,” ujar­nya.

Lebih lanjut Suhatri Bur mengharapkan semoga bantuan ini bermanfaat dan dapat meringankan beban saudara-saudara di Pasaman Timur dan Pasaman Barat. Setelah itu, Bupati Pasaman Benny Utama dalam pertemuan tersebut mengucapkan terima kasih, atas ke­pedulian dan partisipasi Pemerintah Daerah dan masyarakat Padangpariaman. Dia menegaskan akan memanfaatkan ba­n­tuan ini dengan sebaik-baiknya dan memastikan donasi yang diberikan akan disalurkan seperti bantuan lainya melalui pengelolaan rekening donasi yang telah di buka dan di kelola sejak gempa terjadi oleh pemerintah daerah. “Terima kasih Bupati Padangpariaman Suhatri Bur dan masyarakatnya,  semoga bantuan ini dapat membantu meringankan beban masya­rakat kami yang terkena bencana gempa tahun lalu,” ucap Benny.

Senada dengan Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, Benny juga mendoakan agar kedepan Kabupaten Pasaman dan Pa­dangpariaman Sumatera Barat umunya dijauhkan dan terbebas dari bencana apapun. “Mudah-mudahan kita dijauhkan dari bencana, meskipun bencana tidak bisa kita tolak,” ungkapnya. Kemudian pertemuan singkat ini diakhiri dengan penyerahan bantuan dari Bupati Pa­dangpariaman Suhatri Bur yang diterima langsung oleh Bupati Pasaman Benny Utama. Bantuan yang diserahkan berupa uang tunai berjumlah Rp 110 juta dan 40 helai selimut. Setelah menyerahkan ban­tuan, tepat pukul 18.00 WIB Bupati dan rombo­ngan pahlawan kemanusiaan ini kemudian me­lakukan perjalanan pulang menuju Kabupaten Pa­dangpariaman. Pahlawan kemanusiaan ini kembali untuk melanjutkan tugas-tugas rutin sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Pa­dangpariaman. Masih da­lam pengawalan mobil Patwal, Bupati dan rombongan kembali di pandu menuju Padangpariaman menempuh rute awal Se­telah menempuh perja­lanan lebih kurang empat jam, Bupati dan rombo­ngan kembali mendarat di bumi Padangpariaman tercinta. Masing-masing mengambil kesempatan itu untuk beristirahat dan mengumpulkan energi untuk bersemangat kem­bali esok harinya melaksanakan rutinitas kantor sebagai abdi negara.(***)

Exit mobile version