Berkolaborasi, Sekolah jadi Mitra Dinkes di Padang­pan­jang

SERAHKAN SK— Wako Padangpanjang Fadly Amran menyerahkan SK CPNS dan Tenaga PPPK di Balaikota , Kamis (12/5).

Walikota Padang­pan­jang Fadly Amran ingin­kan sekolah-sekolah, khususnya SD dan SMP, menjadi mitra bagi Dinas Kesehatan (Dinkes) da­lam menjalankan Bulan Imu­nisasi Anak Nasional (BIAN) Campak dan Measles Rubella (MR) yang akan dilaksanakan bulan Mei ini.

“Kami menghimbau kepada semua bapak dan ibu kepala sekolah yang hadir pada hari ini, untuk dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kita semua terhadap penyakit campak. Sehingga BIAN ini berjalan dengan lancar,” ujar­nya saat membuka Sosialisasi BIAN bagi anak sekolah di Auditorium Mifan Waterpark, Selasa (10/5).

Dijelaskan, campak meru­pakan penyakit yang sangat mudah menular yang dise­babkan virus dan ditularkan melalui batuk dan bersin. MR juga merupakan penyakit akut dan ringan yang sering me­nginfeksi anak dan dewasa muda yang rentan.

Gejala campak sendiri be­rupa demam tinggi, bercak kemerahan pada kulit disertai dengan batuk, pilek, dan kon­jung­tivitis akan tetapi sangat berbahaya apabila disertai dengan komplikasi pneumonia, diare, meningitis dan bahkan dapat menyebabkan kema­tian.

Pada tahun 2000, lebih dari 562.000 anak per tahun me­ninggal di seluruh dunia karena penyakit campak. Dengan pem­berian imunisasi campak dan berbagai upaya yang telah dilakukan, maka pada 2014 kematian akibat campak me­nurun menjadi 115.000 per ta­hun, dengan perkiraan 314 anak per hari.

Pada kesempatan ini Wako Fadly juga mengimbau kepada semua stake holder terkait, dapat berkolaborasi dalam penurunan angka stunting pada anak-anak di Kota Padang­panjang.

“Kolaborasi ini nantinya mampu meminimalisir kasus stanting, sehingga bisa mela­hirkan generasi yang pintar, baik secara kesehatan maupun mental. Seiring itu juga bisa menjadi anak yang bermanfaat bagi negara,” jelas Fadly Am­ran. (rmd)

Exit mobile version