Lahirkan Inovasi Dukcapil Menuju Padangpariaman Berjaya

LIHATKAN—Bupati Padangapriaman Suhatri Bur bersama kadisdukcapil lihatkan MoU dengan bupati Solsel.

Bupati Padangpariaman Suhatri Bur menyatakan dengan lahirnya i­novasi pelayanan  Disdukcapil Padangparaiaman dapat memanjakan dan memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam hal administrasi kependudukan. “Kenapa inovasi yang diluncurkan Disdukcapil Padangpariaman tersebut sejalan de­ngan pencapaian visi misi Pa­dangpariaman berjaya,” kata Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, usai Bupati Solok Selatan melakukan kunjungan ke Disdukcapil Padangpariaman.

Apalagi kunjungan kerja Bupati Solok selatan bersama rombongan da­lam rangka pe­nan­data­nganan MoU dan replikasi inovasi Nagita (Nagari Go Digital) sekaligus melaunching 8 inovasi terbaru yang telah dilaksanakan oleh dinas kependudukan dan pencatatan sipil semenjak awal tahun 2022.

Katanya, seperti pencatatan kematian terintegrasi menghasilkan data akurat, solusi jitu up to date pendataan penduduk melalui pelaporan kematian oleh Walikorong, de­ngar be­rita kematian akta kelahiran langsung diterbitkan.

Selanjutnya, buku po­kok pemakaman nagari, pela­yanan istbath nikah ber­kolaborasi untuk data yang akurat, menerbitkan akta kelahiran bersama bidan praktek mandiri, kolaborasi pelayanan adminstrasi kependudukan dan pernikahan online, peningkatan pelayanan terintegrasi kartu identitas anak.

Jadi katanya, dengan lahir­nya inovasi pelaya­nan ini, akan memanjakan dan memberikan kemu­da­han bagi masyarakat dalam hal administrasi kependudukan yang sesuai dengan pencapaian visi misi Padangpa­riaman berjaya.

Sementara Kadisdukcapil Pa­dangpariaman Muhammad Fadly me­nyatakan saat ini telah dilaksanakan replikasi inovasi Nagita. Bahkan ka­tanya, Bupati Pa­dang­pariaman Suhatri Bur dan Bupati Solok Selatan menandatangani MoU replikasi inovasi Nagita (Nagari Go Digital) untuk kerjasama penggunaan aplikasi la­yanan online dari nagari untuk pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil secara online. “Kita melakukan ini semua untuk kemajuan Kabupa­ten Padangpariaman dengan vsi dan mi­sinya tercapai sebagai Padangpariaman berja­ya,” tambah Muhammad Fadhly meng­akhiri. (efa)

Exit mobile version