Ketua DPRD Agam jadi Narasumber Musrenbang RKPD 2023

Ketua DPRD Agam Dr Novi Irwan SPd MM menjadi narasumber pada Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Agam tahun 2023, di Aula Bappeda Agam, Rabu (23/3).

Ketua DPRD Agam Dr Novi Irwan SPd MM menjadi narasumber pa­da Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Agam tahun 2023, di Aula Bappeda Agam, Ra­bu (23/3).

Pada kesempatan itu, Novi Irwan mengatakan, dalam penyusunan RKPD tahun 2023 harus berpedoman pada RPJPD 2005-2025 dan Permendagri tentang Penyusunan RKPD 2023, memperhatikan Ran­cangan RKP Nasional dan RKPD Provinsi Tahun 2023.

“Selanjutnya, me­ning­katkan singkronisasi kebijakan pembangunan mulai dari tingkat nagari sam­pai pusat. Selain itu, RKPD Tahun 2023 juga disusun dengan menggunakan rincian belanja dengan me­ningkatkan efektifitas dan efesiensi penggunaan ang­garan,” kata Ketua DPRD Agam itu.

Novi Irwan mengatakan, penyusunan RKPD 2023 juga perlu memperhatikan isu strategis dae­rah dari berbagai aspek, seperti aspek penyelenggaraan pemerintah, aspek ekonomi, aspek pemba­ngunan infrastruktur dan tata ruang, aspek lingkungan hidup, aspek pemba­ngunan sumber daya ma­nusia (SDM) dan aspek agama dan adat.

“Pada aspek penyelenggaraan pemerintahan, masih lemahnya sis­tem akuntabilitas kinerja Pemerintah Daerah dan reformasi birokrasi, belum optimalnya singkronisasi kebijakan Pemerintah Daerah dengan Pemerintah Nagari dalam mencapai sasaran pembangunan daerah,” ung­kap Novi.

Pada aspek ekonomi, pertumbuhan ekonomi melambat tajam dalam waktu singkat, sementara untuk tumbuh kembali memerlukan sumber daya yang sangat besar, sektor pariwisata diharapkan dapat menjadi lokomotif e­ko­nomi.

Selanjutnya, pada aspek pembangunan infrastruktur dan tata ruang juga perlu diperhatikan penerapan tata ruang yang belum optimal, dan masih belum meratanya pembangunan infrastruktur. Pada aspek lingkungan hidup, alih fungsi lahan yang belum terkelola de­ngan baik, penurunan kualitas lingkungan akibat pen­cemaran air Danau Ma­ninjau yang mengancam kelangsungan biota da­nau.

Acara berjalan dengan lancar hadir secara langsung, Drs Feri Adrianto,  Drs Ais Bakri,M.M, Er­dinal,S.Sos dan Yopi Eka Androni,SE,ST, dan tak ketinggalan secara virtual hadir Beberapa orang anggota DPRD  Agam. (pry)

Exit mobile version