Segera Dibangun Jalan Penghubung Anduriang- Pasia Laweh, ”Mari Bersama Menjaga agar Jalan Tidak Cepat Rusak”

SOSIALISASI— Bupati saat turun ke nagari memberikan sosialisasi pembangunan dalam daerahnya.

Masyarakat Nagari An­duriang, Kecamatan 2 X 11 Kayu Tanam Kabupaten Pa­dangpariaman menyambut baik rencana pemerintah guna me­ngaspal ruas jalan yang menghubungkan Nagari Anduriang dan Asam Pulau Nagari Pasiam Laweh, Kecamatan Lubuk Aluang via Raimbo Kalam, Kabupaten Padangpariaman. ”Ya bagi kami di Nagari Anduriang. khususnya bagi warga Balah Aia dan Tanah Taban tentunya sangat menyambut baik rencana pengaspalan dan pemba­ngunan ruas jalan tersebut. Bagi kami bisa diibaratkan jika  program ini layaknya bagai durian runtuh bagi masyarakat kami di Nagari Anduriang ini,” sebut Walinagari Anduriang Sya­wiruddin, kemarin.

Sebagaimana diketahui, Bupati Padangpariaman, Suhatri Bur saat acara peringatan puncak peringatan HUT Kabupaten Padangpariaman ke -189 menyatakan jika ruas jalan Anduriang menuju Asam Pulau bakal dibangun atau diaspal. Untuk pembangunannya  sen­diri direncanakan bakal memanfaatkan dana DAK Pusat.  “Ru­as jalan itu nantinya bakal dikembangkan sebagai kawasan ring road, dalam rangka mengantisipasi serta mengurai kemacetan yang kerap terjadi di ruas jalan Kayu Tanam-Sicincin maupun kawasan pa­sar Lubuk Alung,” terang Suhatri Bur ketika itu.

Diakui Walinagari Anduriang, Syawiruddin, kenyataan bakal dibangunnya ruas jalan Anduriang-Asam Pulau tersebut bahkan telah disampaikan secara langsung kepada pihaknya oleh jajaran terkait di lingkungan Pemkab Padangpariaman.

Bahkan Bupati Suhatri Bur sendiri sebutnya juga telah menyampaikan rencana tersebut kepada masyarakat Anduriang, saat yang bersangkutan berkunjung ke salah satu masjid di nagari yang dilewati aliran Batang Anai tersebut.  “Pembangunan dan pengembangan ruas jalan tersebut tentunya akan banyak memberikan manfaat atau dampak positif terhadap perkembangan pembangunan Nagari Anduriang maupun perkembangan eko­nomi masyarakat di sepanjang ruas jalan tersebut. Karena ke depannya di sepanjang ruas jalan tersebut  akan tumbuh dan berkembang sejumlah peluang usaha baru yang dikelola oleh masyarakat sekitar,” terangnya.

Dengan alasan itulah, Sya­wiruddin mengaku pihaknya dari jajaran pemerintahan Nagari Anduriang bersama seluruh elemen masyarakatnya sangat mengapresiasi dan me­nyambut baik rencana pembangunan dan pengaspalan ruas jalan tersebut, seperti telah ditegaskan sendiri oleh Bupati Suhatri Bur.  Bahkan sebutnya, dengan diaspalnya ruas jalan di sepanjang kawasan itu, tidak tertutup nantinya akan berdampak positif terhadap pengembangan sejumlah kawasan wisata di sepanjang ruas jalan tersebut. Terlebih seperti dike­tahui pemandangan di se­panjang ruas jalan itu juga terbilang sangat indah yang di­lengkapi dengan kehadiran aliran Batang Anai di satu sisinya.

Menurut Syawiruddin, berdasarkan informasi yang diterima pihaknya, kalau  tidak ada aral melintang ruas jalan tersebut bakal segera dibangun sekitar pertengahan tahun 2022 ini, tentunya semua tidak terlepas dari ketersediaan anggaran atau dana DAK seperti yang telah dijanjikan pihak pemerintah pusat. “Yang jelas kita tentu sangat optimis jika pembangunan dan pengaspalan ruas jalan Anduriang-Asam Pulau itu tentunya merupakan berkah yang tidak ternilai bagi kami di nagari Anduriang ini. Terlebih dalam situasi pandemi saat ini ditandai begitu terbatasnya anggaran pihak pemerintah, khususnya untuk keperluan pembangunan fisik,” terangnya.

Syawiruddin mengakui, rencana pengaspalan ruas jalan itu pada dasarnya memang sudah cukup lama didambakan masyarakat Nagari Anduriang. Pasalnya, di sam­ping bisa mempersingkat jarak tempuh menuju kawasan Kecamatan Lubuak Aluang, keberadaan ruas jalan yang diplot sebagai kawasan ring road tersebut juga bisa disebut sebagai jaringan jalan strategis, yang selama imi kerap berfungsi sebagai ruas alternatif yang sering dimanfaatkkan para pe­ngendara saat hari-hari tertentu, terutama untuk menghindari kemacetan di sekitar kawasan Pasar Sicincin maupun pasar Lubuk Aluang.

Begitu pula selama ini kondisi ruas jalan tersebut sudah banyak yang mengalami kerusakan serius, karena telah bertahun-tahun lamanya belum pernah direhab. ”Makanya kami atas nama masyarakat Anduriang tak lupa mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya  kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Padangpariaman, khususnya kepada Pak Bupati Padangpariaman, Suhatri Bur, karena bagaimana pun semua itu tentunya tidak terlepas dari perjuangan dan hasil kerja keras beliau untuk bisa meyakinkan pihak terkait di lingkungan pemerintah pusat,” imbuhnya.  Terkait hal itu pihaknya sebut Syawiruddin juga telah turun ke masyarakat untuk mensosialisasikan rencana pembangunan ruas jalan dimaksud.  Menurut Syawiruddin secara umum masyarakat Anduriang yang berada di se­panjang ruas jalan itu siap mendukung penuh program pe­ngembangan ruas jalan tersebut.

Sementara Bupati Padang­pariaman Suhatri Bur meminta kepada semua lampisan ma­syarakat untuk sama sama menjaga ketahanan jalan jalan yang telah diapas oleh Pemkab Padangpariaman, baik dengan dana DAK atau APBD Propinsi Sumatra Barat. “Sebab, jalan tersebut penting, kalau cepat rusalk tentu kita semua yang akan rugi. Kenapa tidak cepat rusak masyarakat sangat me­rasakan. Apalagi kondisi se­karang dana APBD pada pandemi copid 19 ini sanat banyak kurangnya, karena itulah saya berharap agar sama -sama menjaga jalan yang kita perbaiki ini. Apalagi sekarang rusas jalan Pasie Laweh Lubuk Alung menuju Lubuak Simantuang telah mulus, karena itulah saya berharap sama sama menjaga jalan tersebut,” tandasnya me­ngakhiri. (***)

Exit mobile version